Top Ads

Kota Sukabumi Tetap Gencarkan Gerakan Literasi di Saat Pandemi


SUKABUMI--Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menghadiri kegiatan Peningkatan indeks literasi masyarakat di Provinsi, Kabupaten/Kota Tahun 2020 di Aula Politeknik Sukabumi, Jumat (6/11). Pada momen yang digelar Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Sukabumi tersebut wali kota menekankan Kota Sukabumi berkomitmen dalam mendorong gerakan literasi.

Selain wali kota, hadir Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando, Anggota Komisi X DPR RI Desy Ratnasari, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Jabar Ahmad Hadadi serta Bunda Literasi Kota Sukabumi Fitri Hayati Fahmi. '' Kota Sukabumi ingin menjadi kota literasi dan harus dapat dilakukan,'' ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi.

Kota Sukabumi memiliki potensi dalam literasi karena pada 2019 ditetapkan sebagai kota terkreatif di Jabar karena anak muda di Sukabumi aktif. Fahmi mengatakan, pendidikan adalah rekayasa sosial terbaik dalam membentuk karakter dan hidupkan generasi muda dengan potensinya dan berjalan dengan baik dengan ruh pendidikan adalah literasi.

'' Kota Sukabumi siap melaksanakan rekomendasi arahan dalam gerakan literasi, dan menyiapkan infrastruktur dan suprastruktur di tengah keterbatasan yang ada,'' kata Fahmi. Selain itu Bunda literasi bersama dengan tim penggerak PKK dan dharma wanita persatuan menggulirkan sahabat gerakan literasi atau Geulis khusus menyasar gerakan literasi ibu- ibu atau emak-emak. Sukabumi juga membuka ruang publik kelurahan sport center di setiap kelurahan dengan membangun lapang publik yang fasilitasi dengan pojok literasi.

Ke depan pemkot berharap bantuan untuk literasi diarahkan ke Kota Sukabumi karena ingin jadi garda terdepan di Jabar dan nasional. Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando mengatakan, Kota Sukabumi merupakan daerah terbaik kedua di Jawa Barat dalam gerakan literasi.

Ia mengatakan daerah terbaik pertama adalah Depok yang menjadi penyangga ibu kota Jakarta dan seharusnya Kota Sukabumi jadi yang pertama.

Posting Komentar

0 Komentar