Top Ads

Generasi Muda Terdampak Covid-19 Kota Sukabumi Diberi Pelatihan Kewirausahaan



SUKABUMI--Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi membuka pembinaan dan pemberian keterampilan bagi tenaga kerja dan masyarakat yang terdampak Covid-19 melalui pelatihan vokasional di Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Sukabumi, Senin (12/10). Targetnya kegiatan ini dapat melahirkan para wirausaha muda yang memiliki keterampilan yang dibutuhkan masyarakat.

Pembukaan pelatihan yang dikuti sebanyak 117 peserta ini dihadiri pula Ketua Tim Penggerak PKK Kota Sukabumi Fitri Hayati Fahmi dan Kepala Disnaker Kota Sukabumi Didin Sarifudin. '' Saat ini adalah waktu yang berat karena situasi pandemi, namun semua harus bergerak kembali,'' ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi.

Pandemi Covid-19 berdampak pada ketenagakerjaan yakni sejumlah perusahaan merumahkan karyawan dan berakibat pada pengangguran meningkat. Oleh karenanya dalam fase recovery ekonomi ini salah satunya penguatan terhadap sumber daya manusia yang dimiliki dan menggerakkan sektor ekonomi.

Sehingga pemkot menggandeng Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) dan SMKN 4 Sukabumi untuk mendorong peningkatan SDM secara maksimal. Hal ini karena yang dibutuhkan adalah yang memiliki keterampilan ganda bukan hanya satu dan bukan hanya keilmuan semata.

'' Diperlukan pelajaran praktek nyata sehingga keahlian memingkat dan butuh dukungan dari berbagai pihak dan semangat konsistensi dari peserta pelatihan,'' ungkap Fahmi. Jenis pelatihan ini meliputi pengelasan, pertanian, komunikasi, tata boga, dan kecantikan.

'' Harapan pandemi ini bisa dihadapi jangan membuat berhenti bergerak tapi terus bergerak,'' cetus wali kota. Setelah pelatihan peserta dapat aplikasikan jangan hanya teori tapi jadi wirausaha muda.

Posting Komentar

0 Komentar