Top Ads

Pekan ASI, Sukabumi Gelar Seminar Daring Pentingnya ASI



SUKABUMI--Dalam rangka mendukung pekan ASI sedunia, Ibu Wali Kota Sukabumi Hj Fitri Hayati Fahmi memberikan materi ASI Dalam Tinjauan Islam pada kegiatan seminar online atau daring yang digelar oleh RSUD Syamsudin SH, Rabu (26/8). Seminar ini sejalan dengan tema pekan ASI yakni Dukung menyusui untuk bumi yang lebih sehat.

Selain itu disampaikan materi Amankah menyusui bayi saat pandemi Covid-19 oleh dr Rini Sulviani dokter spesialis anak RSUD R Syamsudin SH. '' ASI adalah hak bayi dan ibu wajib memberikannya,'' kata Fitri Hayati Fahmi.

Intinya ASI merupakan investasi di dunia sekaligus deposito di akhirat. Di mana ASI jaminan rezeki untuk setiap bayi. " Air susu ibu tidak bisa tergantikan. Menyusui itu menjalankan apa yang Allah perintahkan," ujar nya. 

Dalam hal ini dirinya menyampaikan Pemerintah Kota Sukabumi sudah memiliki Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2016 tentang Pemberian Air Susu Ibu (ASI) Eksklusif. Pemda, dan masyarakat harus mendukung ibu bayi secara penuh dengan penyediaan waktu dan fasilitas khusus dengan penyediaan fasilitas khusus diadakan di tempat kerja dan tempat sarana umum ( fasilitas ruang laktasi ).

" Jika masih ada layanan publik yang tidak menyediakan ruang laktasi bisa dilaporkan kepada Pemerintah," ucapnya. Sehingga targetnya semua pihak harus menyediakan sarana tersebut.

Secara hukum Islam menyusui mewajibkan seorang ibu menyusui selama dua tahun dan secara sempurna. Harapannya akan lahir generasi yang unggul dan sehat.

Posting Komentar

0 Komentar