Top Ads

Pemkot Sukabumi Launching Inovasi Pembayaran Uji KIR Non Tunai


Pemanfaatan teknologi dalam inovasi pelayanan kepada masyarakat di era adaptasi kebiasaan baru (AKB) atau new normal merupakan satu keharusan untuk mengurangi interaksi langsung (penjarakan fisik).




SUKABUMI--Pemerintah Kota Sukabumi meluncurkan sejumlah terobosan pelayanan kepada warga salah satunya pembayaran pengujian kendaraan bermotor (PKB) atau uji KIR non tunai pertama di Jawa Barat, Rabu (1/7). Layanan ini untuk mempermudah pelayanan kepada warga melalui aplikasi menggunakan mobile point of sales (MPOS)-Quick Response (QR) code Indonesian Standard (QRIS) BJB.

Peluncuran tersebut dilakukan Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi di Kantor Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, Rabu (1/7). Pada momen ini hadir juga Ketua DPRD Kota Sukabumi Kamal Suherman, Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada, dan Dinas Perhubungan Kota Sukabumi dan Provinsi Jawa Barat serta pimpinan BJB Sukabumi. '' Pemkot menggulirkan inovasi dalam menghadapi dua tantangan yakni pertama percepatan teknologi dan adaptasi kebiasaan baru atau new normal,'' ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi.

Perkembangan teknologi tidak bisa dihindari karena pelayanan sudah tidak jaman lagi sistem manual. Terlebih masyarakat membutuhkan kemudahan, kecepatan, kenyamanan dan tidak bisa tidak harus ada pelibatan teknologi. Di sisi lain pemerintah membutuhkan keuangan yang sesuai sebagaimana yang direncanakan.

Sehingga kata wali kota, masyarakat akan lebih mudah ketika teknologi dilibatkan. Kedua warga dipaksa beradaptasi dengan new normal dan mengurangi interaksi masing-masing dalam menjaga kesehatan pribadi dan keluarga.

Hal ini membutuhkan kesiapan semua warga apalagi Sukabumi masuk zona hijau. Salah satunya termasuk pembayaran uji KIR tidak lagi manual dan menggunakan teknologi di dalamnya. '' Kehadirian kita disini mampu sekaligus melakukan dua misi pertama percepatan teknologi dan beradaptasi dengan new normal,'' cetus Fahmi.

Pemkot kini bergerak kesana dan tidak bisa hanya dilakukukan pemerintah tanpa melibatkan seluruh sektor. '' Alhamdulillah Sukabumi dinyatakan kota pertama melaksanakan pembayaran PKB sistem non tunai,'' ujar Fahmi. Sebelumnya Sukabumi juga sudah meluncurkan smart card untuk kendaraan yang sudah diuji.

Kepala Dishub Kota Sukabumi Abdul Rachman mengatakan, pembayaran PKB non tunai ini yang pertama di Jabar dan coba diterapkan di seluruh kota/kabupaten lainnya di Jabar. Hal imi komitmen pemkot senantiasa memberikann pelayanan terbaik kepada warga.

Ada tiga langkah perbaikan berkaitan pelayanan yakni perbaikan teknis, perbaikan peningkatan administrasi dan sistem pembayaran.

Posting Komentar

0 Komentar