Top Ads

Bangkitkan Sektor UMKM, Kota Sukabumi Luncurkan Www.pasarsukabumi.Com



SUKABUMI--Berbagai upaya dilakukan untuk membangkitkan bidang usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dari dampak pandemi Covid-19. Salah satunya dengan membantu promosi produk UMKM melalui teknologi digital market place yakni www.pasarsukabumi.com.

 Soft launching market place ini dilakukan Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi dan dihadiri Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sumarni, perwakilan Forkopimda serta Sukabumi Creative Hub (SCH), Sukabumi Kece, dan tim sinergitas ABCGM di Balai Kota Sukabumi, Selasa (21/7). Keberadaan market place ini digagas pendamping UMKM Kota Sukabumi yang tergabung dalam Mata Elang Team.

'' Pandemi Covid memberikan hikmah dan mengajarkan beberapa hal salah satunya perlu kebersamaan dan kolaborasi dalam menghadapinya,'' ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi. Di tengah pandemi perlu upaya membangkitkan optimisme dengan kebersamaan dan bangkit kembali atau revocery bidang UMKM dikarenakan kondisi saat ini pemerintah menetapkan new normal.

Sehingga aktivitas menyesuaikan dengan new normal termasuk bidang usaha. Maknanya ada perubahan transaksi, distribusi, dan produksi harus berbeda dengan sebelumnya karena harus melibatkan teknologi informasi. '' Kalau dulu produksi dan penjualan berbasiskan manual, kini di new era dan new normal membatasi kerumunan sehingga produksi dan distribusi berbasiskan teknologi,'' ujar Fahmi.

Dari sini lahir semangat membangkitkan UMKM melalui www.pasarsukabumi.com sebagai wadah tempat memasarkan produk UMKM melalui sistem digital telnologi. Pemkot mengucapkan apresiasi kepada pendamping UMKM Jabar Juara yang menginisiasi lahirnya website.

Di mana UMKM dalam beberapa bulan terakhir kesulitan dan saatnya mari bangkit bersama dan berkolaborasi dan bergandeng tangan karena rezeki Allah dan yang terpenting mengatur terus bergerak dan berusaha. '' Kami berharap dengan www.pasarsukabumi.com semua produk UMKM rumahan jadi naik kelas mencicipi pemasaran digital yang harus dilakukan sekarang,'' cetus Fahmi.

Bahkan, produk UMKM tidak hanya diposting di www.pasarsukabumi.com, akan tetapi ada media digital lain karena semakin banyak semakin bagus ada alternatif promosi dan yang diuntungkan UMKM. Saat ini ungkap Fahmi, dibangun semangat kebersmaan dengan adanya www.pasarsukabumi.com dalam menggairahkan dan membangkitkan UMKM di Sukabumi.

Apalagi banyak produk UMKM Sukabumi di ekspor ke berbagai negara dan jadi kebanggaan dan yang berhasil harus mengangkat yang lain. Intinya lanjut Fahmi, dari UMKM Kota Sukabumi terus bergerak. ''Dari UMKM sukabumi untuk dunia,'' imbuh dia.

Koordinator Pendamping UMKM Kota Sukabumi yang membentuk kumpulan pendamping UMKM, Mata Elang Team, Sri Puji Rahayu mengatakan, kehadiran www.pasarsukabumi.com salah satu wadah UMKM bisa memasarkan produk. '' Tidak hanya produk UMKM kota tapi kabupaten dan kini sudah sebanyak 147 UMKM yang bergabung,'' kata dia.

 Produk tersebut terdiri dari makanan dan minuman 125, kerajinan 3, pertanian 3, jasa dua dan fashion 15. Nantinya setiap hari produk itu akan di upload terus.

'' Kehadiran www.pasarsukabumi.com membantu semangat UMKM khususnya di pandemi bangkit,'' cetus Puji. Lahirnya website ini digagas pendamping UMKM dalam memasarkan produk sehingga bisa lebih dikenal bukan di kota saja melainkan di luar dan memudahkan transaksi bagi UMKM. 

Posting Komentar

0 Komentar