Top Ads

Pemkot Sukabumi Launching Bansos untuk Warga Terdampak Covid-19


Bantuan sosial selama pandemi Covid-19 sangat dibutuhkan oleh masyarakat menangah bawah. Pemerintah Kota Sukabumi akan menyalurkan sebanyak 10 ribu paket sembako secara bertahap kepada masyarakat yang membutuhkan.

SUKABUMI--Pemerintah Kota Sukabumi meluncurkan program bantuan sosial (Bansos) sembako untuk warga terdampak Covid-19 pada Selasa (12/5). Bantuan sebanyak 10 ribu paket sembako ini akan diberikan secara bertahap dan sebelum Idul Fitri sudah tersalurkan semuanya.

Peluncuran tersebut dilakukan Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi didampingi Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Setiawan Hamami dan Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada di Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Sukabumi. Pada momen ini juga diluncurkan situs web gugus tugas Covid-19 yang didalamnya terdapat data penerima bantuan baik pusat, provinsi dan kota.

'' Pemerintah daerah perlu menyiapkan jaring pengaman sosial untuk warga terdampak Covid-19,'' ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi.

Siapa saja yang menerima bantuan sosial?

Khususnya diberikan kepada dua kelompok pertama keluarga miskin yang terdata dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan warga miskin baru non DTKS.

Pemda, kata Achmad Fahmi, menyiapkan paket bantuan untuk menyisir warga baik DTKS dan non DTKS yang tidak mendapatkan bantuan baik berasal dari sumber pemerintah pusat atau provinsi. Sehingga yang belum bisa mendapatkan bantuan kota bisa tertanggulangi.

'' Kami berharap warga yang tidak mendapatkan bantuan dari pusat dan provinsi mendapatkan bantuan dari kota,'' ungkap Achmad Fahmi.

Dengan demikian, warga terdampak yang berhak mendapatkan bantuan tidak perlu khawatir dengan adanya bantuan dari Pemda.

Bagaimana evaluasi penyaluran bansos dilakukan oleh Pemkot Sukabumi?

Pemkot juga akan melakukan evaluasi dalam proses pendistribudian termasuk ketika data bertambah akan ditambahkan alokasinya. Penyaluran bansos dilakukan bertahap 5 ribu paket pada pekan ini dan 5 ribu paket.

Data penerima sembako kota ini, ungkap Achmad Fahmi, berdasarkan pengajuan RT dan RW. Nantinya bantuan sembako setelah secara simbolis diserahkan dari wali kota ke kecamatan akan diteruskan ke kelurahan dan penerima secara langsung.

Apa saja paket bansos yang akan didistribusikan ini?

Bantuan sembako dari APBD Kota Sukabumi ini senilai Rp 250 ribu. Terdiri atas beras 6 kilogram, minyak goreng 3 liter, terigu 1 kilogram, gula pasir 1 kilogram, makanan kaleng 3 pcs, dan mie instan16 bungkus.

'' Kami berharap, bantuan ini dapat membantu warga  terdampak Covid-19,'' cetus wali kota.

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Kapan nyampe ke pihak masyarakat. Dan diambil kemana atw di antar langsung ke rmh nya. Maaf pengen gau

    BalasHapus