Top Ads

Kota Sukabumi Peroleh Bantuan dari Palang Merah Amerika dan Penyemprotan Gunner Spray


Pencegahan dan pemulihan pandemi Covid-19 harus dilakukan bersama-sama. Bukan hanya lintas daerah, hubungan baik antara pusat dan daerah, juga kerja sama dengan berbagai lembaga dari negara lain. Hal ini sangat logis mengingat pandemi Covid-19 merupakan wabah yang telah menjangkiti hampir seluruh negara.




SUKABUMI--Berbagai upaya kolaborasi dilakukan dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kota Sukabumi. Misalnya pada Kamis (28/5) Palang Merah Indonesia (PMI) memberikan bantuan yang berasal dari Palang Merah Amerika (Amcross) dan USAID berupa wastafel portable dan alat pelindung diri (APD) kepada Pemkot Sukabumi.

Selain itu PMI Jawa Barat melakukan penyemprotan disinfektan dengan menggunakan mobil Gunner Spray Blower ke titik keramaian kota. Pemberian bantuan tersebut secara simbolis diterima Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi di Balai Kota Sukabumi yang dihadiri Ketua PMI Kota Sukabumi Suranto Sumowiryo dan Wakil Ketua PMI Jawa Barat Akhmad.

'' Pemkot bersyukur PMI bersinergi dengan pemerintah dalam penanganan Covid-19 dan cepat turun ke masyarakat,'' ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi. Langkah PMI ini jadi penyemangat bagi pemkot karena kolaborasi ini penting sebab tidak mungkin pemerintah saja dalam menangani butuh dukungan dari semua elemen.

Bantuan yang diberikan diantaranya, 10 unit wastafel portabel, 300 paket PHBS/covid kit, 25 set APD, serta 2.000 Masker kain yang merupakan hasil produksi para relawan yang tergabung dalam siaga bencana berbasis masyarakat (SIBAT).

Menurut Fahmi, kolaborasi ini dapat terus dilakukan di fase selanjutnya sehingga dapat memberikan edukasi kepada warga bahwa new normal bagian tidak terpisahkan di masa mendatang. Di mana dukungan dari PMI semakin membuat Sukabumi pulih sediakala terlebih Sukabumi masuk level 2 warna biru.

Pemkot juga memberikan apresiasi bantuan penyemprotan disinfektan menggunakan Gunner Sprayer Blower di pusat kota. Hal ini karena saat ini belum bisa dikatakan aman dari Covid-19 dan bagaiaman caranya semangat jangan kendor dalam penanganan.

Apalagi ada pencanangan new normal yang akan diterapkan. Ketua PMI Kota Sukabumi Suranto Sumowiryo mengatakan, saat ini PMI Kota Sukabumi dengan berbagai dukungan yang ada berupaya memaksimalkan keberadaannya terutama membantu pemerintah dalam upaya pencegahan dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Salahsatunya dengan melakukan penyemprotan disinfektan secara masif diberbagai lokasi sentra publik di Kota Sukabumi. Kedepannya PMI juga akan mengerakan relawannya untuk melakukan edukasi kepada masyarakat setiap minggu dua kali, terkait upaya pencegahan dan penanggulangan Covid-19 di wilayah.

Suranto berharap dengan adanya kolaborasi bersama ini dengan berbagai dukungan semua pihak, kondisi penyebaran pandemi covid -19 saat ini akan segera berakhir.

Posting Komentar

0 Komentar