Top Ads

Pemkot Sukabumi Buka Layanan Pasar Tani Daring


Di masa pandemi Covid-19, Pemkot Sukabumi membuka layanan pasar tani daring. Terobosan tersebut untuk membantu warga agar tidak perlu keluar rumah ketika akan membeli bahan kebutuhan pokok masyarakat.




SUKABUMI--'' Untuk memenuhi kebutuhan  pangan di tengah pandemi Covid-19, pemkot melalui pasar tani melayani penjualan pangan segar dan kebutuhan pokok secara daring melalui program Pasta Melon (pasar tani melayani online),'' ujar Wali Kota Sukabumi, H.  Achmad Fahmi, Kamis (16/4).

Program ini dijalankan oleh  Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Sukabumi dengan menggandeng Asosiasi Pasar Tani dan Kelompok Tani Nelayan Andalan dalam menyediakan pesanan antar untuk bahan pangan dan kebutuhan pokok.

Untuk apakah aplikasi Pasta Melon dibuat?

Peluncuran aplikasi tersebut salah satunya untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat ketika membutuhkan bahan pangan. Dengan menggunakan aplikasi tersebut masyarakat tetap tinggal di rumah kemudian melakukan pemesanan pembelian barang lalu nanti akan diantar.

Apalagi di tengah pandemi Covid-19 ini sudah ada imbauan dari pemerintah agar masyarakat untuk diam di rumah saja.  Sehingga warga diimbau tidak keluar rumah terutama ke tempat keramaian seperti pusat perbelanjaan.

Apa saja yang dipasarkan melalui aplikasi Pasta Melon dan bagaimana cara pemesanannya?

Pasta Melon ini menyediakan sembako, sayuran, daging, susu, bumbu-bumbu, ikan laut, telur, buah-buahan hingga makanan siap saji (Frozen food). Nantinya jika masyarakat ingin membeli pangan daring bisa bergabung melalui aplikasi Whatapps Grup.

Ketika mengklik http://bit.ly/jointpasta, selanjutnya ada berbagai macam pilihan pangan dan harganya yang terjangkau.

Seluruh pangan yang ada dalam aplikasi tersebut semuanya murni dari petani langsung dan harganya mampu bersaing dengan harga yang ada dipasaran.

H. Achmad  Fahmi mengatakan, warga bisa memesan melalui aplikasi ini hingga pukul 15.00 WIB setiap harinya. Nantinya pada esok hari barang akan dikirimkan.

Dimanakah sentra Pasta Melon saat ini?

Kepala DKP3 Kota Sukabumi Andri Setiawan menambahkan saat ini bahan pangan tersebut dipusatkan di Sub Terminal Agribisnis (STA) Bungbulang Kecamatan Cibeureum.

'' Respon warga dalam menggunakan aplikasi ini sudah banyak,'' terang dia. Meskipun pemesanan baru sedikit  tetapi nilai transaksinya lumayan besar.

Ke depan,  DKP3 akan terus melakukan sosialisasi terkait aplikasi ini. Program ini sambung Andri, selain memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam berbelanja juga sekaligus membantu para petani asli Kota Sukabumi. '' Khususnya pada saat situasi saat ini,'' imbuh dia.

Target yang ingin dicapai yaitu  aplikasi ini benar-benar bermanfaat bagi warga. Di samping itu turut mendukung program pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19. (OVI/WRS)

Posting Komentar

0 Komentar