Tampung Keluhan Warga, Pemkot Mengoptimalkan Aplikasi Super dan e-Lapor



SUKABUMI--Pemerintah Kota Sukabumi mengoptimalkan aplikasi Sukabumi Participated Responder (Super) dan e-Lapor untuk menampung keluhan dan aspirasi warga terkait layanan pemerintah. Hal ini mendasari kegiatan rapat koordinasi dan sosialisasi pengelolaan aplikasi Super dan E-Lapor pada Rabu (19/2) di Hotel Horison Kota Sukabumi, yang digelar Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Sukabumi.

Dalam kesempatan itu hadir Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi yang memberikan penghargaan kepada organisasi perangkat daerah yang aktif dan merespon keluhan warga dalam kedua aplikasi tersebut.

" Alhamdulillah warga sudah terbiasa menyampailan keluhan dan aduan melalui kedua aplikasi," ujar Wali Kota Sukabumi.

Laporan atau aduan warga ini direspon dengan baik oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dalam jangka 0-1 hari sejak pengaduan. Hal ini sudah sesuai target yang ditetapkan.

Jumlah pengaduan warga baik lewat Super dan e-Lapor jumlahnya berimbang. Ke depan, kata H. Achmad Fahmi, warga dapat terus menggunakan aplikasi tersebut khususnya dalam memberikan masukan atau saran terhadap jalannya pembangunan.

Aspirasi warga direspon dengan cepat

Aspirasi warga akan direspon dengam cepat oleh instansi terkait. Untuk memberikan apresiasi, maka pemkot memberikan penghargaandap SKPD yang aktif. Pertama, kategori Koordinasi dan Deseminasi pengelolaan pengaduan yang diraih oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, juara Dua Perumda Tirta Bumi Wibawa dan juara tiga Kecamatan Warudoyong.

Untuk kategori Tindak Lanjut di lapangan di raih oleh juara pertama Dinas Perhubungan, juara dua oleh Dinas Satpol PP dan juara tiga Oleh Dinas PUPR. Sedangkan untuk kategori Respon dalam menjawab pengaduan juara pertama Dinas Kesehatan, juara dua Dinas Lingkungan Hidup, dan juara tiga BPBD Kota Sukabumi dan untuk kategori Mitra Terbaik di raih Oleh Kantor Balai Pengelolaan Jalan Wilayah Pelayanan II Sukabumi.

Plt Kepala Diskominfo Kota Sukabumi, Cecep Mansyur mengatakan, Aplikasi Super dan e-Lapor bisa terus dimaksimalkan keberadaannya. Sehingga Pemerintah Kota Sukabumi bisa menunjukkan perhatian sangat tinggi terhadap setiap permasalahan yang dikeluhkan oleh masyarakat. [ ]

Posting Komentar

0 Komentar