Teknologi Robotic akan Dikenalkan kepada Pelajar SD di Sukabumi



SUKABUMI--Kota Sukabumi mendukung inovasi dalam dunia pendidikan dengan mengenalkan teknologi robotic di tingkat sekolah dasar (SD). Terobosan ini untuk mengenalkan sejak dini teknologi robotic kepada pelajar dalam menyongsong era revolusi industri 4.0.

Hal ini disampaikan Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri Setiawan Hamami dalam Seminar pendidikan robotic sains dan teknologi robotika yang digagas Pasim Robotic Center, Yayasan Pasim Ar-Rayyan Sukabumi di Hotel Maxone, Kamis (20/2). Peserta seminar tersebut adalah para guru tingkat SD di Kota Sukabumi.

'' Kegiatan ini merupakan terobosan luar biasa bagi dunia pendidikan dan dunia intelektual,'' ujar Wakil Wali Kota Sukabumi .

Melalui kegiatan ini memiliki arti kita dapat mempersiapkan diri dalam mengarungi era digital dan teknologi informasi. Tidak dapat dipungkiri, perubahan serta perkembangan teknonologi dan informasi  begitu cepat  dari waktu ke waktu.

Khususnya dalam rangka mewujudkan cita-cita luhur bangsa Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur melalui pendidikan berkualitas yang berorientasi pada pencetakan SDM yang kompetitif, dan berkarakter.

Apalagi, kata H. Andri Setiawan Hamami, teknologi robotica di era globalisasi memiliki peran cukup penting dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu semua elemen dituntut untuk mempelajari teknologi robotika agar mampu berkompetisi dalam dunia sains dan teknologi di era globalisasi.

'' Para guru dituntut untuk  serius menindaklanjuti dan mengembangkan program penyelarasan pendidikan, khususnya menyukseskan tujuan pendidikan nasional dalam rangka mendukung era revolusi industri,'' tambah wakil wali kota.

Para guru harus mendorong anak didik agar mengenal programming robotic. Contohnya membuat alat robotik  yang dapat digunakan untuk mengingatkan waktu shalat dan jadwal belajar.

Sehingga mereka nantinya akrab dengan dunia robotica.

" Pemda akan mendukung kegiatan programming robotic. Pengalihan metode belajar pun harus sejalan dengan hal ini, misalnya dari kegiatan pembelajaran biasa (konvensional, red) beralih menjadi pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi robotik,'' kata H. Andri Setiawan Hamami..

Menurutnya, era revolusi industri dengan pemanfaatan teknologi robotik tidak hanya di dunia pendidikan.

"Pemanfaat teknologi robotik juga harus menyentuh bidang lainnya seperti pertanian dan pemerintahan. Dan tentu saja pemanfaatan teknologi robotik ini harus diimbangi  dengan peningkatan kualitas SDM, " pungkas wakil wali kota.

Posting Komentar

0 Komentar