Kopdar Bareng Gubernur, Kota Sukabumi Berharap Percepatan Pembangunan



PURWAKARTA--Kegiatan komunikasi pembangunan daerah (Kopdar) Gubernur Jawa Barat dengan Bupati/Wali Kota, Wakil Bupati/Wakil Wali Kota dan Ketua/Wakil Ketua TP PKK Kabupaten/Kota se-Jawa Barat pertama di tahun 2020 digelar di Kabupaten Purwakarta, Kamis (13/2). Dalam kesempatan itu hadir Gubernur Jawa Barat, M.  Ridwan Kamil dan Wakil Gubernur Jabar, Uu Ruzhanul Ulum yang memimpin pertemuan.

Selain itu, Wali Kota Sukabumi, H.  Achmad Fahmi dan Wakil Wali Kota Sukabumi, H.  Andri Setiawan Hamami ikut berbaur bersama kepala daerah di Jabar lainnya, menghadiri kegiatan yang diaelenggarakan di Istora Jatilihur. Tema Kopdar awal tahun ini yakni Penegakan dan Pengawasan Pembangunan Daerah dengan menghadirkan narasumber dari Kejaksaan Agung dan Kejaksaan Tinggi Jawa Barat.

'' Kopdar kali ini paling lengkap karena dihadiri oleh 24 kepala daerah kabupaten/kota di Jabar,'' ujar Gubernur Jabar, M. Ridwan Kamil.

Tema pertemuan tersebut yaitu Penegakan dan Pengawasan Pembangunan agar pembangunan di daerah dapat maksimal dilakukan khususnya penyerapan anggaran. 

Untuk menjaga proses pengawasan dan pembangunan di daerah agar sesuai dengan koridor hukum, kejaksaan dilibatkan oleh Pemprov Jabar sebagai narasumber kegiatan.

Gubernur mengatakan, beberapa waktu lalu baru diumumkan evaluasi sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Rata-rata daerah kota/kabupaten di Jabar mendapatkan nilai B dan BB. Perolehan nilai tersebut menjadi bekal ke depan agar setiap daerah di Jawa Barat dapat memperoleh nilai A.

Wali Kota Sukabumi, H.  Achmad Fahmi mengatakan, Pemkot Sukabumi menyambut baik digelarnya Kopdar bersama Gubernur Jabar.

" Kota Sukabumi sedang menggencarkan percepatan pembangunan di segala bidang termasuk infrastruktur. Percepatan pembangunan ini  akan berjalan dengan baik dengan pengawasan yang baik,'' kata dia.

Dalam kegiatan itu juga Wali Kota Sukabumi berharap agar semua usulan dari Kota Sukabumi dikabulkan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Beberapa usulan dari Kota Sukabumi sebagai upaya percepatan pembagungan tersebut antara lain; pembangunan  Alun-Alun Sukabumi, Lapang Merdeka, dan kawasan pedestrian Jl Ir. H.  Djuanda atau Dago.

Pada kesempatan tersebut juga disampaikan informasi mengenai katalog elektronik lokal oleh Pemprov Jabar. Sarana itu adalah kesepakatan kerjasama Pemerintah Provinsi  Jawa Barat dengan penyedia untuk  mengangkat komoditas lokal seperti makanan dan minuman.

Posting Komentar

0 Komentar