Wali Kota: Pengusaha Bagian Penting Percepatan Pembangunan



SUKABUMI--Para pengusaha menjadi bagian penting dalam percepatan pertumbuhan ekonomi daerah. Terlebih Kota Sukabumi memiliki potensi usaha kecil dan menengah (UKM) dan ekonomi kreatif yang mampu mendorong perkembangan ekonomi warga.

Hal ini disampaikan Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi saat memberikan sambutan acara Diklatcab, rakercab, dan forum bisnis Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) BPC Kota Sukabumi di Hotel Balcony Kota Sukabumi, Jumat (24/1). Selain wali kota hadir Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Setiawan Hamami dan perwakilan Hipmi Jawa Barat.

'' Hipmi adalah bagian unsur Pentahelix yang mampu melakukan percepatan pertumbuhan ekonomi,'' ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi. Unsur pentahelix terdiri atas akademisi, bisnis, community, government, dan media (ABCGM). Sehingga keberadaan Hipmi memperkokoh ekonomi dengan inovasi yang dilakukan.

Hal tersebut ditunjang dengan potensi UKM dan ekonomi kreatif yang menjadi bagian meningkatkan kualitas pengusaha. Wali kota mengatakan, ketahanan nasional sangat tergantung kepada situasi ekonomi.

Ketika ekonomi bangsa baik yang ditandai para pengusaha aktif dan tumbuh berkembang. Maka secara otomatis angka pengangguran berkurang dan tentu angka kriminalitas berkurang begitu sebaliknya.

'' Intinya peran pengusaha sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi,'' ujar Fahmi. Harapannya pengusaha harus terus aktif membuat sebuah inovasi maka ekonomi akan tumbuh berkembang.

Selain itu perkembangan teknologi harus dimanfaatkan dalam rangka percepatan pembangunan ekonomi. Kota Sukabumi memiliki banyak potensi dan sesepuh pengusaha banyak. Sehingga tidak ada alasan Hipmi lambat melakukan pergerakan.

Berbagai sarana potensi dapat dimanfaatkan dan dilakukan optimalisasi dengan cara berkolaborasi. Forum ini ungkap Fahmi, mampu melahirkan sebuah komitmen bersama dan grand design maupun formula mau dibawa kemana Kota Sukabumi ini.

'' Mari terus bersemangat jangan ada kata kendor karena ada slogan pengusaha pejuang dan pejuang pengusaha,'' imbuh dia. Ketua BPC Hipmi Kota Sukabumi Raden Koesomo Hutaripto mengatakan, Hipmi akan mendorong lahirnya pengusaha yang inovatif dan kreatif. Selain itu menjalin kolaborasi bersama pemda dalam pembangunan bidang ekonomi.

Posting Komentar

0 Komentar