Sarana yang Terbangun dari P2RW dan Dana Kelurahan Mulai Dinikmati Warga



SUKABUMI--Pembangunan sarana dan prasarana kelurahan di Kota Sukabumi terus digenjot melalui program pemberdayaan rukun warga (P2RW) dan Dana Kelurahan. Pada Kamis (30/1) pagi hingga sore sarana dan prasarana ini ditinjau langsung  oleh Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi dan Wakil Wali Kota Sukabumi, H.  Andri Setiawan Hamami serta pejabat terkait lainnya.

Pemantauan dilakukan dengan menggunakan sepeda motor ini dengan sasaran beberapa kelurahan di tujuh kecamatan.

" Alhamdulilah sudah terbangun sarana dan prasarana dari P2RW dan Dana Kelurahan yang  dapat dimanfaatkan oleh warga,'' ujar Wali Kota Sukabumi.

Hasilnya, sarana yang terbangun mulai paving blok jalan, septic tank komunal, posyandu hingga bale warga, PJU dan TPT. Kunjungan ke lokasi sarana prasarana kelurahan di tujuh kecamatan diawali di Kelurahan Cikole yakni pembanguman paving blok dari RW 01 hingga RW 02. Sementara itu, di RW 11 Kelurahan Karangtengah, Kecamatan Gunungpuyuh telah menyelesaikan  pembangunan Masjid Nurul Huda dari dana P2RW.

Selanjutnya menuju RW 02 Kelurahan Karangtengah, Kecamatan Gunungpuyuh, pembangunan PJU dan RW 07 Kelurahan Sukakarya Kecamatan Warudoyong pembangunan sekretariat RW dari dana P2RW. Berikutnya RW 13 Kelurahan Sukakarya Kecamatan Gunungpuyuh septitank komunal dana kelurahan dan RW 03 Kelurahan Sindangsari Kecamatan Lembursitu pembangunan posyandu dari P2RW.

Di RW 05 Kelurahan Sindangsari Kecamatan Lembursitu dibangun Bale Warga dari Dana Kelurahan. Kunjungan juga  dilakukan ke  beberapa kelurahan di Kecamatan Baros, Citamiang, dan Cibeureum.

Rute Pemantauan

Seperti diketahui dana P2RW digulirkan Pemkot Sukabumi dan Dana Kelurahan oleh pemerintah pusat. Setiap kelurahan menerima dana kelurahan sebesar  Rp 352 juta  per tahun dan dana P2RW sebesar Rp 20 juta per tahunnya.

'' Kedua program ini digulirkan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat  di wilayah,'' kata H. Achmad  Fahmi. Dengan Dana Kelurahan dan P2RW ini  pemerintah memiliki target antara lain kepuasaan  masyarakat  dari segala sektor pemerintahan.

Pemkot  berharap agar terus dilakukan upaya perbaikan dan peningkatan terhadap kualitas pelayanan kelurahan dan kecamatan di Kota Sukabumi. Wali Kota Sukabumi mengatakan, Pemkot telah menyelenggarakan bimbingan teknis dan workshop sebagai bentuk persiapan penyerapan dana kelurahan pada 2019 lalu.

Dengan penguatan pendampingan,  Dana Kelurahan di Kota Sukabumi diharapkan dapat  berjalan lancar, aman, dan tidak bermasalah. Sehingga penyerapan dana kelurahan sesuai dengan ketentuan.

Penulis: Ovie
Penyunting : Kang Warsa

Posting Komentar

0 Komentar