LPPD Mengukur Keberhasilan Penyelenggaraan Pemerintahan


BANDUNG--Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menghadiri Rapat Kerja Penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) 2020 di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (14/1). Dalam momen tersebut Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendorong peningkatan kinerja pemerintah dalam pelayanan kepada masyarakat.

Selain itu menekankan peran strategis LPPD bagi kepala daerah karena mengukur keberhasilan penyelenggaraan urusan pemerintahan dan bahan penyusunan program serta anggaran. LPPD juga berkaitan dengan standar pelayanan minimal (SPM) dan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (LAKIP).

'' Pemkot Sukabumi berkomitmen meningkatkan layanan pemerintahan yang terbaik kepada masyarakat,'' ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi. Di mana LPPD menjadi bagian penting dalam mengukur keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan.

Menurut Fahmi, keberhasilan pembangunan harus dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Di mana pemkot telah meluncurkan berbagai program unggulan yang sudah berjalan. Misalnya program homecare yang digulirkan untuk membantu masyarakat yang sakit namun kesulitan datang ke fasilitas kesehatan.

Mereka akan didatangi perawat ke rumahnya masing-masing seperti kalangan lansia. ‘’ Selama kurun waktu Januari hingga November 2019 lalu total pasien atau warga yang terlayani program homecare mencapai sebanyak 1.232 orang,’’ ujar Fahmi.

Jumlah ini belum ditambah jangkauan pada Desember 2019 yang masih dalam pendataan. Ribuan pasien ini berasal dari wilayah kerja 15 puksesmas. Ke-15 puskemas ini yakni Selabatu, Sukabumi, Cipelang, Karangtengah, Benteng, Sukakarya, Pabuaran, Gedong Panjang, Nanggeleng, Tipar, Cibeureum Hilir, Limusnunggal, Baros, Cikundul, dan Lembursitu.

Selain itu masih banyak program lainnya yang menyentuh langsung kebutuhan warga. '' Harapanya penyelenggaraan layanan pemerintah dapat terus ditingkatkan,'' imbuh wali kota. 

Posting Komentar

0 Komentar