Karang Taruna Didorong Perkokoh Sukabumi Kota Layak Pemuda dan Kreatif



SUKABUMI--Upaya percepatan pembangunan di Kota Sukabumi dilakukan dengan merangkul berbagai elemen masyarakat salah satunya Karang Taruna. Targetnya Karang Taruna menjadi bagian tidak terpisahkan dalam membangun Sukabumi ke arah lebih baik. Pernyataan disampaikan Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi dalam Temu Karya III Karang Taruna Kota Sukabumi 2020 di Offroom Balai Kota Sukabumi Minggu (12/1).

Selain Wali Kota Sukabumi, turut hadir Ketua DPRD Kota Sukabumi Kamal Suherman, Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada, Ketua Karang Taruna Provinsi Jawa Barat Subchan Daragana, dan Ketua KNPI Kota Sukabumi Melan Maulana yang juga anggota DPRD Kota Sukabumi.

'' Semoga Temu Karya ini dimulai dan diakhiri dalam suasana keakraban dan kekeluargaan tidak ada ekses negatif,'' ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi. Sehingga dalam ajang ini akan lahir pemimpin Karang Taruna yang berkepribadian, berpengetahuan, dan terampil.

Wali kota mengatakan, peran elemen masyarakat khususnya di era dynamic government tidak bisa hanya dilakukan pemerintah. Sebab dynamic government adalah gaya kepemimpinan yang mendorong kolaborasi, tidak hanya pemerintah sebagai subyek tetapi berbagi kemitraan atau bekerja bersama dalam pembangunan.

Hal ini sesuai konsep pentahelix yakni akademisi, bisnis, community, government, dan media (ABCGM). Semua unsur terliibat termasuk didalamnya karang taruna. Apalagi sejatinya karang taruna harus terlibat aktif dalam proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembangunan sesuai ranah dan kompetensinya.

Wali kota mengatakan kenapa karang taruna dibentuk pada 26 September 1960, karena diharapkan menjadi jembatan dari berbagai permasalahan sosial kemasyarakatan yang terjadi. Menurut Fahmi, pada 1982 lalu disepakati pemuda dalam Karang Taruna harus berkepribadian, berpengatahuan dan terampil sebagai indikator kepemudaan.

Selain itu karang taruna adalah tempat berkumpul, berdiskusi dan perencanaan bukan saling menjatuhkan melainkan tempat menyatukan berbagai potensi. Selanjutnya pada 2019 Kota Sukabumi jadi kota terkreatif di Jabar dan kota layak pemuda yang diberikan Kementerian Pemuda dan Olahraga.

'' Mari lakukan pembenahan kota untuk semakin memperkuat pemuda dalam pembangunan,'' cetus dia. Intinya kata Fahmi, karang taruna menjadi bagian tidak terpisahkan dalam proses perencanaan dan pembangunan di Sukabumi. Sehingga karang taruna Sukabumi menampilkan kontribusi nyata pada pembangunan.

Ketua Karang Taruna Provinsi Jawa Barat Subchan Daragana support menambahkan, perhatian pada pemuda merupakan ciri akan menjadi perubahan terjadi di kota.'' Kami memberikan apresiasi kepada pemkot yang sudah mendukung keberadaan Karang Taruna,'' kata dia.

Pada Temu Karya III Karang Taruna Kota Sukabumi 2020 ini terpilih Raden Kusumo Hutaripto sebagai Ketua Karang Taruna Kota Sukabumi. 

Posting Komentar

0 Komentar