Top Ads

Wali Kota Sukabumi Meresmikan Pasar Ngampar



Minggu (29/12) pagi, ada suasana berbeda di sekitar halaman Kantor Kelurahan Jaya Mekar Kecamatan Baros, Kota Sukabumi. Pada hari itu banyak pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) yang berjualan di lokasi yang dinamakan Pasar Ngampar.


Bertepatan pada hari itu juga dilaunching Pasar Ngampar oleh Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi yang didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kota Sukabumi Fitri Hayati Fahmi. Keberadaan Pasar Ngampar ini merupakan upaya Pemerintah Kota Sukabumi membangkitkan ekonomi keumatan.


'' Pasar ini merupakan kolaborasi antara Pemerintah Kota Sukabumi dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas),'' ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi. Hal ini dalam kerangka membangkitkan ekonomi keumatan dan memecahkan pusat kegiatan ekonomi.


Pembukaan pasar setiap dua pekan sekali ini mendorong terjadinya percepatan pertumbuhan ekonomi di wilayah. '' Tidak baik ekonomi terpusat di satu titik,'' imbuh dia.


Saat ini semua kegiatan ekonomi terpusat di Jalan Ahmad Yani Kecamatabn Cikole. Sehingga kini dikembangkan sayap ekonomi kemasyarakatan berbasis warga setempat seperti di Baros.


Menurut Fahmi, Pasar Ngampar ini bagian dari program Zakat Community Depelovment (ZCD) yang digagas Baznas. Program ini berupaya mengembangkan potensi ekonomi kemasyarakatan berbasis masyarakat yang berasal dari zakat.


'' Pasar Ngampar alternatif peningkatan ekonomi masyarakat dan mudah-mudahan jadi satu pekan sekali,'' ujar Fahmi. Di mana warga bila mencari kebutuhan masyarakat dapat diperoleh di Pasar Ngampar.


Ke depan model Pasa Ngampar ini akan dikembangkan ke daerah lainnya. Sehingga terjadi pertumbuhan wilayah dan menggerakan roda ekonomi warga.


Ketua Baznas Kota Sukabumi Fifi Kusumajaya mengatakan, ZCD merupakan pemberdayaan di bidang kemasyarakatan ekonomi, pendidikan dan kesehatan serta wawasan lingkungan. Harapanya di Kelurahan Jaya Mekar ini menjadi destinasi wisata unggulan khususnya wisata kuliner.

Posting Komentar

0 Komentar