Top Ads

Wali Kota : Musrenbang Harus Berbasis Kebutuhan Warga


SUKABUMI--Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kelurahan Benteng, Kecamatan Warudoyong di Ruang Terbuka Non Hijau (RTNH) RW 09 Benteng Brunei, Selasa (17/12).
Kegiatan musrenbang ini diharapkan dapat dilakukan dengan berbasiskan kebutuhan masyarakat.

Uniknya, musrenbang kali ini dilakukan di outdoor atau ruang terbuka. Selain itu dilaksanakan juga pemberian santunan untuk anak yatim dan lansia serta peresmian RTNH Kotaku.

'' Baru pertama kali menghadiri musrenbang di outdoor dan ini terobosan yang baik,'' ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi. Hal ini diharapkan mampu melahirkan terobosan dan inovasi dalam perencanaan pembangunan di 2021 mendatang.

Fahmi mengatakan, pembangunan infrastruktur tetap jadi prioritas karena menjadi daya ungkit agar derajat kesehatan naik dan kesejahteraan semakin baik serta pendidikan akan terdampak lebih baik.

Sehingga pemerintah pusat, provinsi dan kota memberikan porsi lebih besar dalam infrastruktur karena berkaitan erat dengan lainnya. Musrenbang ini juga menguatkan kebersamaan antara warga, jangan sampai setelah pembangunan sarana infrastruktur rampung tidak dimanfaatkan oleh warga.

Di sisi lain pembangunan bukan hanya
 tugas pemerintah, makanya ini Sukabumi kita bukan Sukabumi kamu, Sukabumi kalian dan Sukabumi mereka. Maknanya yang harus bertanggungjawab membangun adalah semua elemen masyarakat.

Misalnya di Kelurahan Benteng ada dukungan program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku), yang awalnya kumuh jadi mentereng dengan adanya RTNH. Ke depan kelurahan sport center, selain lapang olahraga disediakan pojok literasi dan mushola di setiap kelurahan Kota Sukabumi.

Fahmi menuturkan, pembangunan harus berbasis masyarakat, seperti warga butuh RTNH maka dibuatkan. '' Saya tidak ingin pembangunan tidak ada kajian akademis supaya tidak mubajir,'' imbuh dia.

Oleh karenanya pembangunan infrastruktur akan dilanjutkan disesuaikan kebutuhan seperti kawasan sawah santuy di Kelurahan Benteng. Di mana potensi sawah dengan permukiman harus dikelola dengan baik sebagai kawasan wisata yang dapat mendongkrak perekonomian warga. '' Mari sama-sama laksanakan pembangunan intinya kolaborasi,'' ungkap dia.             

Posting Komentar

0 Komentar