Top Ads

Wali Kota Launching Bummas untuk Berdayakan Ibu-Ibu



SUKABUMI--Momen hari ibu setiap 22 Desember di Kota Sukabumi tampak istimewa. Sebab pada peringatan tahun ini dilaunching Badan Usaha Milik Masyarakat (Bummas) Koperasi Swadaya Ummat yang anggotanya semua dari kalangan ibu-ibu.

Bummas Koperasi Swadaya Ummat Rumah Zakat itu berada di Kelurahan Karangtengah, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi dan diresmikan Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi pada Ahad (22/12). Lokasi peresmian tepatnya berada di Yayasan Tarbiyatul Quran Al Aifiyah Sukabumi. Koperasi ini khusus beranggotakan ibu-ibu dan merupakan yang pertama di Jawa Barat.

‘’ Pemkot menyambut positif adanya pemberdayaan masyarakat terutama ditujukan kepada kalangan ibu-ibu,’’ ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi. Menurutnya, pemberdayaan ekonomi warga harus dilaksanakan secara kolaboratif di antaranya bersama Rumah Zakat.


Itulah sebabnya kegiatan ini sifatnya kolaboratif dan bagian tak terpisahkan dari proses perkembangan ekonomi yang dicanangkan tingkat pusat hingga daerah. Salah satu bentuk dukungan dalam hal ini Rumah Zakat mendorong berdirinya Bummas.

Keberadaan Bumma ini dapat membantu pemerintah yang tidak bisa menjangkau semua elemen masyarakat.  ‘’ Oleh karenanya kami menyambut baik dan apresiasi luar biasa,’’ cetus Fahmi.

Terlebih launching kali ini dilakukan tepat pada hari ibu dan para anggota koperasi semuanya dari kalangan ibu-ibu.  Kader Inspirasi Rumah Zakat, Iah Mamruah mengatakan Bummas Koperasi Swadaya Umat ini bergerak dalam koperasi simpan pinjam untuk ibu-ibu.

Hal ini dikarenakan ada kegelisahan terkaot kebanyakan ibu-ibu yang meminjam uang ke bank emok. ‘’ Sehingga fokus kami pada bantuan modal usaha, sarana usaha, dan edukasi,’’ujar Iah. Harapannya kehadiran Bummas ini mengatasi masalah kerentanan keluarga dalam ekonomi dalam mendukung ketahanan keluarga.

Posting Komentar

0 Komentar