Top Ads

Survei Pemprov Jabar, Tinggi Tingkat Gemar Baca Warga Sukabumi


SUKABUMI--Ketua TP-PKK selaku Bunda Literasi Kota Sukabumi Fitri Hayati Fahmi menghadiri acara Pengukuhan Pengurus Daerah Ikatan Pustakawan Indonesia (PD-IPI) Periode 2919 - 2020 dirangkaikan dengan Rapat kerja gerakan pemasyarakatan minat baca Kota Sukabumi, di Ruang Pertemuan BJB Cabang Kota Sukabumi, Kamis (26/12).

Acara pengukuhan secara resmi dipimpin langsung oleh Ketua Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Jawa Barat, Dra Ida Hendrawati. Dalam kesempatan tersebut hadir Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Sukabumi Nicke Siti Rahayu dan Ketua PD-IPI Kota Sukabumi Yanti Sundari.

Berdasarkan basil survey minat baca yang dilakukan oleh provinsi Jawa Barat maka kegemaran membaca masyarakat Kota Sukabumi ada pada kriteria cukup tinggi yakni 2,9 (pada skala 2,61 3,40). Jika dibandingkan Kegemaran membaca masyarakat Jawa Barat ada pada kriteria cukup tinggi yakni 2,67 (pada skala 2,61 3,40).

Dalam konteks ini, maka Pemerintah Kota Sukabumi memandang akan pentingnya kehadiran pustakawan dan perpustakaan di berbagai tempat dakan mendukung program literasi yang sekaligus mencerdaskan masyarakat. '' Setelah pelantikan IPI dan raker ini akan dilaporkan hasilnya agar sinergis dalam mendukung Sukabumi sebagai kota literasi,'' ujar Bunda Literasi Kota Sukabumi Fitri Hayati Fahmi.

Keberadaan IPI ini penting dalam pembinaan pustakawan di lembaga yang masih kurang sentuhannya. Selain itu mendorong duta literasi yang masih pelajar untuk diberdayakan. Harapannya tingkat kegemaran minat baca warga Kota Sukabumi makin meningkat. Meskipun saat ini sudah tinggi dan di atas rata-rata Jabar.

Selain itu ungkap Fitri, perlunya kerjasama dengan PT KAI agar sosialisasikan budaya membaca ketika bepergian di kereta. Sehingga penumpang tidak hanya melamun atau memaikan gawai tapi membaca buku. 

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Sukabumi Nicke Siti Rahayu mengatakan, pentingnya kehadiran pustakawan dan perpustakaan sertadl aktivitas literasi di berbagai tempat. Hal ini dalam mendukung program literasi yang sekaligus mencerdaskan masyarakat.

'' Khususnya dalam mendukung Sukabumi Kota Literasi pada 2023 mendatang,'' ujar Nicke. Sehingga IPI dan pemkot dapat berkolaborasi dalam mewujudkannya.

Posting Komentar

0 Komentar