Sukabumi Genjot Pendidikan Karakter Lewat Mendongeng



SUKABUMI--Kegiatan mendongeng menjadi salah satu media pendidikan karakter anak. Selain itu mendongeng membangun hubungan emosional antara orangtua dengan anak-anaknya. Hal ini disampaikan Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi dalam acara Indonesia mendongeng 7 di aula kampus Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI), Rabu (25/12).

Momen yang digagas Relawan Rumah Zakat dan Prodi Sastra Inggris UMMI itu ditujukan pada santri TPQ. '' Pemerintah saat ini tengah menggalakan pendidikan karakter, di mana transformasi keilmuannya bukan sebatas lewat lembaga pendidikan,'' ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi.

Akan tetapi yang utama transformasi pendidikan dari ayahanda dan dibunda kepada anak. Sebab sejatinya pendidikan bukan tugas utama lembaga pendidikan tapi ayahanda dan ibunda. Salah satu cara efektif pendidikan karakter melalui media mendongeng.

Sebab ironis ada cita-cita anak yang ingin menjadi seperti Doraemon, Kapten Amerika. Hal ini karena mereka mendapatkan pendidikan salah satu media yang mereka tiru adalah menonton.

Padahal pada waktu dulu ibu dan ayahanda seringkali mendongeng kepada anak seperti cerita anak kancil dan buaya. Ternyata mendongeng membangun hubungan emosional antara orangtua dan anak.

'' Kalau sekarang hubungan anak dengan otangtua berkurang karena jarang mendongeng,'' ujar Fahmi. Sehingga jangan salahkan anak karena berperilalu kurang baik karena belum mendidik dengan baik. Oleh karena itu Pemkot membangkitkan kegiatan mendongeng sebagai bagian membangun generasi anak terbaik. Sebab pendidikan karakter terbaik salah satunya melalui media mendongeng.   

Posting Komentar

0 Komentar