Refleksi Akhir Tahun, Wali Kota Memaparkan Capaian Pembangunan di Kopdar



CIANJUR - Di penghujung tahun, Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menghadiri acara Koordinasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (Kopdar) Triwulan IV Tahun 2019 di Eminence Hotel Cianjur Kabupaten Cianjur, Selasa (3/12). Kegiatan yang digelar Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jawa Barat (Jabar) ini sebagai ajang silaturahmi, koordinasi dan komunikasi antara Gubernur Jabar Ridwan Kamil dengan 27 Bupati/Wali Kota se-Jabar.


Momen kali ini yang dikemas secara informal membahas refleksi akhir tahun penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan. '' Kami ucapkan terimakasih dengan adanya kegiatan Kopdar, sehingga berbagai hal bisa cepat disampaikan kepada Gubernur,'' ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi.


Hal ini dapat mempercepat jalannya pembangunan yang dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Semoga format Kopdar di tahun ke-2 dapat diperbaiki setelah adanya evaluasi kekurangan yang ada di tahun 2019.


Pada kesempatan itu Wali Kota Sukabumi melaporkan progres perkembangan bantuan gubernur yang diberikan kepada Kota Sukabumi termasuk kendala dan hambatan yang ada dan juga permohonan dukungan untuk tahun depan. Selain itu disampaikan pula sejumlah prioritas pembangunan Kota Sukabumi di tahun 2020 yang memerlukan kolaborasi dan bersinergi dengan Pemda Provinsi Jabar.


Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan, Kopdar kali ini adalah yang terakhir di 2019 dan sebuah upaya agar kami para pemimpin daerah terus melakukan sinkronisasi. '' Kekompakan antara seluruh kepala daerah merupakan kekuatan terbesar dalam upaya pembangunan di Jabar,'' kata dia yang sering disapa Kang Emil.


Dalam pengamatannya sebagai gubernur, Emil frekuensi (kekompakan) masih belum sempurna. Akan teapi gubernur yakin kalau dirutinkan (Kopdar), semua lancar karena kekuatan terbesar (adalah) kompak membangun bersama-sama.


Beberapa program yang dievaluasi dalam Kopdar di pengujung 2019 ini antara lain hilangnya aspirasi kab/kota selama proses pengajuan. Maka dalam pertemuan itu, disepakati pembentukan Desk Bantuan Gubernur yakni sebuah unit di bawah naungan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Jabar.


"Desk ini sudah dilakukan di DAK (Dana Alokasi khusus) sehingga makin lama pembangunan di Jabar makin lancar dan aspirasi dari kota/kabupaten juga makin mudah dan terlacak kemacetannya dimana," ujar Emil. Selain mengevaluasi kegiatan satu tahun belakangan, Kopdar ini juga membahas rencana program tahun 2020, antara lain fokus pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo.


Melalui Kopdar yang rutin digelar ini, Emil pun yakin bahwa tahun 2020 Jabar akan lebih maju karena pertemuan para kepala daerah ini berdampak positif bagi percepatan pembangunan. '' Insya Allah 2020 Jabar akan lebih maju dengan Kopdar ini,'' ungkap dia.

Posting Komentar

0 Komentar