Top Ads

Pertama Kali dalam Sejarah, Sukabumi Gelar Youth Planner Conference


SUKABUMI--Kota Sukabumi membuat sejarah baru dengan menggelar Sukabumi Youth Planner Conference di Hotel Maxone Kota Sukabumi 26-27 Desember 2019. Ajang yang pertama kali digelar dalam sejarah Kota Sukabumi berdiri tersebut untuk menjawab tantangan bonus demografi pada 2025-2030 mendatang.

Di mana, pada acara yang dibuka Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi pada Kamis (26/12) ini digelar untuk membiasakan pemuda dan remaja merencanakan pembangunan. Ada sebanyak 70 orang peserta baik pelajar, mahasiswa dan pemuda dibagi 7 kelompok serta tujuh isu yakni lingkungan, infrastruktur ekonomi, sosial budaya, kesehatan, pendidikan dan pariwisata.

'' Saya berbahagia berdiri di depan kalian para pemuda dan remaja yang akan memimpin dalam 5-10 tahun ke depan,'' ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi dalam sambutan. Istimewanya ini baru pertama kali digelar sejak Kota Sukabumi berdiri karena melibatkan para pemuda dan siswa serta mahasiswa.

Oleh karenanya para pemuda dan pelajar mari rencanakan apa yang akan kita bangun untuk kota. Sebab even baru sekali digelar ini, sehingga ada kekurangan dan kelemahan yang penting bergerak dan melangkah karena dengan itu bisa merubah dunia dan kota. Fahmi menambahkan, tantangan para pemuda dan remaja akan bertambahnpada 2025 2030 Indonesia.

Sebabnya pada rentang itu Indonesia akan mengalami bonus demografi di mana usia produktif jauh lebuh besar dibandingkan usia non produktif. Usia produktif antara 16-30 tahun.

'' Jadi kalau kota tidak melibatkan pemuda dan remaja yang nanti akan lebih bangak akan sepe4ti apa kota kita,'' imbuh Fahmi. Dalam artian jika usia produktif tidak digali kemampuannya, maka mereka bisa menjadi beban pembangunan.

Harapannya usia produktif bukan beban pembangunan tapi aset pembangunan. '' Makanya youth conference digagas agar mereka tidak menjadi beban bagi pemerintah,'' ungkap Fahmi. Targetnya para pemuda dan pelajar merecanakan apa yang dilakukan di Kota Sukabumi. Wali kota berharap pemuda merencanakan sesuatu yang indah untuk Sukabumi.         

Posting Komentar

0 Komentar