Percepat Pembangunan, Sukabumi Mengkaji Skema Kerjasama dengan Swasta



SUKABUMI--Di tengah keterbatasan sumber daya alam dan keuangan, Pemerintah Kota Sukabumi berupaya mempercepat pembangunan. Caranya dengan mengkaji berbagai skema yang dilakukan bersama kalangan swasta.

Hal tersebut mengemuka dalam acara Sosialisasi kerjasama pemerintah-swasta untuk peningkatan kinerja pembangunan di Kota Sukabumi di Hotel Balcony, Sukabumi, Senin (23/12) Hadir dalam kesempatan itu Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi, Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Setiawan Hamami, dan Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada.

 '’ Kami menyadari adanya keterbatasan sumber daya alam, kemampuan keuangan dan keterbatasan kewenangan,’’ ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi. Namun dengan keterbatasan ini ada optimisme yakni otonomi daerah yang memberikan kewenangan bagi kota/kabupaten untuk melakukan ekplore kemampuan dari potensi SDA dan sumber daya lainnya di wilayah untuk dilakukan percepatan pembangunan.

Daerah yang mampu dengan cepat ekplorasi kemampuan wilayah dan kondisi keuangannya akan makin melesat pembangunan di daerahnya. Sebaliknya daerah yang lambat bangkitkan potensi di wilayahnya dan kemampuan keuangannya, maka akan tidak bergerak atau secara alamiah atau tidak ada percepatan.

Di sisi lain ungkap Fahmi, presiden menginstruksian kepada seluruh kepala daerah baik bupati, wali kota dan gubernur untuk melakukan percepatan pembangunan. Di mana kuncinya ada tiga hal yakni reformasi birokrasi, inovasi pendidikan dan percepatan infrastruktur.

 ‘’ Dengan berbagai keterbatasan yang ada kita coba keluar mencoba skema dalam percepatan pembangunan,’’ kata Fahmi. Misalnya pinjaman daerah dengan berbagai pertimbangan yang matang dan skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU),
Sehingga ungkap Fahmi, apa yang menjadi target dan vsi misi dalam RPJMD sesuai janji wali kota dan wakil wali kota bisa ditindaklanjuti. Instansi bisa melakukan inventarisasi potensi misalnya PDAM melakukan pengembangan pinjaman daerah atau Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

Intinya tutur Fahmi, pemkot bermimpi Sukabumi ingin melesat. Caranya dengan percepatan pembangunan di antaranya pembangunan infrastrkrur. ‘’ Mari sama-sama dilakukan kajian dan telaah skema yang akan dilakukan,’’ cetus dia. Khususnya dari sisi keamanan yuridis dan mampu mempercepat pembangunan.   

Posting Komentar

0 Komentar