Pemkot Sukabumi Menggandeng Perbankan Bantu Permodalan UMKM



SUKABUMI--Pemerintah Kota Sukabumi tengah menggencarkan upaya menumbuhkan pelaku wirausaha baru. Caranya dengan menggandeng kalangan swasta khususnya bank dalam mengatasi masalah permodalan.

Hal ini disampaikan Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi dalam acara Sosialisasi dan pelatihan kepada nasabah, pelaku UMKM, dan Micro Sales Agent (MSA) di Hotel Anugrah yang digelar Bank Sinarmas, Senin (2/12).

'' Kami ingin menumbuhkan UMKM baru dan rata-rata kendala akibat keterbatasan modal,'' ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi. Kalau mereka akses modal ke pemda belum tentu mampu menyiapkan untuk semuanya.

Makanya pemkot menggandeng kalangan swasta dalam konsep Pentahelix untuk mengatasinya. '' Sehingga UMKM bisa kuat dan lebih kokoh serta naik kelas dengan wawasan dan pengetahuan serta ada pendampingan,'' imbuh dia.

Di sisi lain rasio pencari kerja dengan lapangan kerja di Sukabumi belum sebanding. Bahkan per tahunn ada 6 ribu lulusan SMA dan belum ditambah lulusan sebelumnya yang membutuhkan ketersediaan lapangan kerja yang belum banyak di Sukabumi.

Oleh karena itu kata Fahmi, pemerintah mendorong UMKM baru khususnya yang berbasiskan ekonomi kreatif. Harapannya dengan kehadiran perbankan maka UMKM dapat terus berkembang.

Fahmi menuturkan, upaya memperkuat UMKM harus dilakukan di tengah masuknya penbangunan infrastruktur seperti jalan tol Bocimi dan rel ganda kereta serta Bandara Sukabumi. '' Wisata kuliner dan heritage serta menumbukan UMKM baru harus digenjot,'' kata dia.

Posting Komentar

0 Komentar