Top Ads

Pemkot Apresiasi Ratusan Pelajar yang Masuk PTN



SUKABUMI--Bidang pendidikan menjadi salah satu prioritas pembangunan di Kota Sukabumi. Upayanya dalam bentuk dukungan anggaran untuk meningkatkan kualitas pendidikan dalam melahirkan generasi terbaik.

Hal ini disampaikan Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi dalam pemberian penghargaan prestasi pendidikan bidang akademik dan non akademik, penyerahan kartu cerdas dan pemberian dana BOS hibah Kota Sukabumi tahun 2019 di Aula SMKN 1 Sukabumi, Sabtu (7/12). Dalam bidang akademik ada sebanyak 269 orang pelajar Sukabumi yang diterima di perguruan tinggi negeri (PTN) dan prestasi non akademik di provinsi dan nasional sebanyak 9 orang.

'' Perhatian ini sesuai tujuan bernegara yakni melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteran unum dan mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut serta melaksanakan perdamaian dunia,'' ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi yang pada acara itu didampingi Wakil Wali Kota Sukabumi Andri S Hamami. Kalimat mencerdaskan kehidupan bangsa yang terkait dunia pendidikan jadi salah satu prioritas.

Di mana pemerintah pusat mengamanatkan anggaran pendidikan pusat, provinsi dan kabupaten/ kota tidak boleh kurang dari 20 persen karena pelayanan dasar. Apalagi, presiden sampaikan amanat lakukan percepatan pembangunan yakni pembangunan infrastruktur, reformasi birokrasi dan inovasi pendidikan.

Wali Kota Sukabumi mengatakan dengan keterbatasan yang ada pemkot berkomitmen anggaran minimal 20 persen. Pada acara ini mengucurkan Rp 5 miliar dan diberikan bukan sebatas cuma cuma, namun harapan anggaran yang diberikan mampu meningkatkan kualitas pendidikan.

Pemberian dukungan anggaran misalnya diberikan kepada siswa yang diterina di PTN. Kegiatan yang digagas sejak 2015 awalnya hanya diterima oleh 36 siswa Sukabumi. Namun pada 2019 ini naik menjadi 269 orang. Peningkatan ini salah satunya karena mendapatkan dorongan dari pemda.

Terlebih, Sukabumi satu satunya kota/kabupaten yang memberikan dukungan dalam hal tersebut. Pada momen ini juga wali kota memberikan kartu cerdas untuk 2.858 pelajar dan dana BOS Hibah kepada sekolah tingkat SD hingga SMA baik swasta maupun negeri.

'' Saya berpesan dengan adanya dukungan ini tingkatkan kualitas pendidikan, sehingga anak melesat dari pendidikan dan anak beradab dan membanggakan diri sendiri keluarga dan kota,'' ujar dia.

Terakhir Fahmi meminta pelajar meningkatkan kemampuan dalam menghadapi persaiangan revolusi industri 4.0 dan kini bahkan menuju 5.0. Namun dengan tetap memotivasi anak sehebat apapun dibekali dengan keagamaan. 

Posting Komentar

0 Komentar