Top Ads

Jelang Natal dan Tahun Baru, Wali Kota Memantau Sembako di Pasar



SUKABUMI--Menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HKBN) Natal 2019 dan tahun baru 2020, Pemerintah Kota Sukabumi melaksanakan pemantauan lapangan pangan pokok strategis, Senin (23/12). Pemantauan dilakukan secara berkolaborasi dari OPD Pemkot Sukabumi dan instansi terkait lainnya dari satgas pangan Polri dan TNI.

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi dan Kapolres Sukabumi Kota AKBP Wisnu Prabowo serta perwakilan Kodim 0607 Kota Sukabumi turun langsung ke Pasar tradisional di Gang Peda dan Pasar Modern seperti City Mall untuk mengecek harga dan pasokan barang kebutuhan pokok.

Pemantauan tersebut untuk meminimalisir peredaran pangan bahan berbahaya yang tidak bermutu dan tidak bergizi, mengantisipasi ketersediaan pasokan stabilitas harga dan alur distribusi pangan. " Bagaimama kita semua memberikan pelayanan untuk keamanan pangan kepada masyarakat khususnya menjelang perayaan natal dan tahun baru," ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi.

Adapun metode yang dilakukan pemeriksaan ketersediaan, legalitas, mutu dan keamanan bahan makanan dan makanan kemasan. Menggunakan Medote Cek Klik Cek kemasan, label, izin eear, dan kadaluarsa dan pengambilan sample makanan yang dicurigai berbahaya bagi masyarakat.

" Saya harap seluruh tim berkerja secara baik dalam pemantauan ini. Sehingga masyarakat bisa mendapatkan barang yang layak konsumi dan aman. Jika ditemui sekecil apapun temuan wajib di tindak lanjuti," kata dia.



Dari hasil pantauan terjadi fluktuatif harga seperti harga bawang merah, cabai merah, dan komoditas daging ayam. Kenaikan harga tersebut dinilai masih dalam batas kewajaran dan akan kembali normal selepas momen tahun baru.

Sementara itu Asisten Daerah II Cecep Mansur menjelaskan, dasar dilakukanya pelaksanaan pemantauan ini tindak lanjut Rakor Satgas pangan pada awal desember lalu. Adapun sasaranya Pasar Tradisional dan Pasar Modern Kota Sukabumi dengan jumlah personil sebanyak 65 orang dari 11 OPD terkait di bagi menjadi 3 tim.

Posting Komentar

0 Komentar