Top Ads

Di Bandung, Wali Kota Sukabumi Paparkan Kebijakan Peduli Lansia



SUKABUMI--Perhatian Pemerintah Kota Sukabumi terhadap kalangan lanjut usia (Lansia) saat ini cukup besar. Hal ini yang mendasari Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menjadi narasumber dalam rangka penyusunan draft peraturan gubernur (Pergub) tentang Penyelenggaraan Kesejahteraan Lanjut Usia di Jawa Barat.

Pemberian materi oleh wali kota disampaikan dalam momen Rapat koordinasi Komda Lansia Jabar dengan komda kabupaten/kota dan LSM peduli lansia yang digelar Sekretariat Komda Lansia, Kamis (26/12). Lokasi kegiatan berada di Ruang Sidang Soehoed Warnaen Bale Wiwaha Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Jawa Barat di Kota Bandung.

'' Pemkot menggulirkan banyak program dan kegiatan dalam memperhatikan kalangan lansia,'' ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi. Di Kota Sukabumi berdasarkan proyeksi jumlah penduduk 2019 sebesar 344.797 jiwa dan penduduk lansia 46.063 terdiri laki-laki 23.161 dan perempuan 22.902.

Sementara jumlah posyandu terinteegrasi lansia sebanyak 211 (posbindu). Wali Kota dalam kesempatan itu menyampaikan paparan bertema Komisi Daerah Lansia dan perannya dalam pengembangan program lansia di Kota Sukabumi.

Di awal materi wali kota menyampaikan Kota Sukabumi sebagai kota santun lansia berdasarkan Surat Keputusan Wali Kota Sukabumi Nomor 188.45/257-Dinsos tahun 2018 tentang Kota Sukabumi sebagai Kota Santun Lansia. Upaya implementasinya dengan melakukan penataan gedung, kantor dan fasilitas ppelayanan publik yang memperhatikan kebutuhan layanan untuk kaum lansia.

Kedua melaksanakan inovasi program dan kegiatan untuk peningkatan kualitas hidup lansia dan penataan serta aksebilitas sarana ibadah bagi kaum lansia. Terakhir membentuk kawasan ramah lansia ppada lingkungan kantor, taman kota dan taman umum lainnya. ' Peranan komda lansia harapannya lansia dapat diberdayakan dan dapat berperan aktif dalam pembangunan'' ujar Fahmi.

 Selain itu menghasilkan lansia yang sehat dan produktif sert meningkatkan kesejahteraan lansia. Komda lansia juga membantu pemerintah sebagai langkah pengkoordinasian untuk meningkatkan kesejahteraan lansia.

Di sisi lain dilakukan penguatan komda lansia baik organisasi, personel, mekeanisme kerja, dan program kerja serta dukungan biaya Kota Sukabumi sendiri memiliki Komda Lansia dan Lembaga Lansia Indonesia (LLI) Kota Sukabumi Kota dan tingkat kecamatan. 

Posting Komentar

0 Komentar