Wali Kota Launching Tanam Pohon di Lokasi Zakat Community Development




SUKABUMI--Momen hari pohon sedunia setiap 21 Novembar di Kota Sukabumi diisi dengan launching penanaman satu pohon sejuta manfaat di titik Zakat Community Development (ZCD) di Kecamatan Baros, Kamis (21/11). Aksi penanaman pohon serentak yang digagas oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) ini tepatnya di Kampung Cikeong RT 05 RW 02, Kelurahan Jaya Mekar, Kecamatan Baros, Kota Sukabumi.

Pada gerakan menanam pohon ini hadir Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi dan Ketua Baznas Kota Sukabumi Fifi Kusumajaya serta sahabat program ZCD Baznas Pusat serta warga setempat.

'' ZCD adalah salah satu program yang dicanangkan Baznas dalam kerangka percepatan pembangunan di bidang ekonomi, sosial dan kesehatan serta pendidikan termasuk berbasiskan lingkungan,'' ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi.

Kenapa ZCD dilaksanakan dan di daerah mana dilaksanakan ungkap Fahmi karena prioritasnya adalah di daerah yang angka kemiskinan masih cukup tinggi. Salah satunya di kota di Kamoung Cikoeng digulirkan ZCD yang pelaksanaanya mendapatkan pendampingan Baznas pusat dan provinsi.

Sumber dana kegiatan berasal dari zakat, infak, dan sodakoh dan sumber pendanaan lain yang sah dan halal. '' Kami ingin satu persatu di wilayah Sukabumi yang masuk kategori miskin atau agak tertinggal naik statusnya menjadi maju,'' imbuh dia.

Makanya kata Fahmi, intervensi dilakukan mulai pusat hingga kota, salah satunya program Baznas. Sebab tidak bisa dipungkiri, pembangunan tidak hanya dilakukan pemda semata dan membutuhkan kolaborasi.

Alhamdulillah Baznas mendukung percepatan pembangunan di daerah yang minus. '' ZCD apa hubungannya dengan penanaman pohon? karena faktor lingkungan sangat menentukan kesehatan, sangat menentukan pendidikan dan menentukan keberhasilan,'' kata Fahmi.

Hal ini karena sesoerang bagaimana mungkin sehat dan cerdas jika dia tidak sehat karena lingkungannya tidak mendukung. Dalam artian bagaiman lingkungan secara nyaman dan layak, polusi berkurang dan udara segar akan mudah mencapai derajat kecerdasan.



Apalagi ungkap Fahmi, soal lingkungan dalam Alquran banyak disinggung. Di mana surga identik dengan lingkungan yang baik. Itulah sebabnya pada kesempatan memperingati hari pohon sedunia, ZCD Baznas menggagas penanaman pohon serentak di Indonesia termasuk Sukabumi.

'' Mudah mudahan setelah menanam pohon sebagai simbol lingkungan menjadi baik dan derajat kesehatan meningkat dan penduduk mendapat pendidikan yang baik serta mendukung warga cerdas,'' ungkap Fahmi.

Jumlah pohon yang ditanam sebanyak 200 bibit. Selanjutnya pada minggu depan ditanam 1.500 bibit pohon bantuan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan ke depan jangan hanya mengandalkan pemda dan warga bisa memeliharanya.

Ketua Baznas Kota Sukabumi Fifi Kusumajaya mengatakan, program ZCD merupalan pemberdayaan di bidang kemasyarakatan ekonomi, pendidikan dan kesehatan serta wawasan lingkungan. '' Ketika menanamn pohon, kita mengajak orang cinta lingkungan dan kepedulian serta pohon dipelihara,'' kata dia.

Uniknya jenis pohon yang ditanam adalah pohon buah -buahan. Jadi nantinya ketika panen maka buahnyabakan diolah menjadi makanan atau produk olahan dalam rangka kampung wisata edukasi kuliner wisata buah.   

Posting Komentar

0 Komentar