Pemkot Sukabumi Raih Penghargaan Layanan Sangat Baik dari Menpan RB



SUKABUMI--Pelayanan publik yang dilakukan Pemerintah Kota Sukabumi mendapatkan apresiasi dari pemerintah pusat. Kali, ini layanan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Sukabumi mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Penyerahan penghargaan tersebut dilakukan Menpan RB Tjahjo Kumolo kepada Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi pada acara penyampaian hasil evaluasi dan penghargaan penyelenggaraan pelayanan publik wilayah I di Hotel Aston Batam, Kota Batam Kamis (7/11). Unit layanan publik Disdukcapil Kota Sukabumi meraih peringkat sangat baik atau A.

‘’ Alhamdulillah pelayanan publik Disdukcapil mendapatkan penghargaan dari Kemenpan RB,’’ ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi. Penghargaan ini menjadi pemacu bagi pemerintah daerah untuk terus meningkatkan kualitas layanan dalam berbagai bidang kepada masyarakat.

Khususnya dengan menggulirkan berbagai inovasi layanan publik yang memudahkan atau mendekatkan kepada warga. Hal ini ditunjang dengan sumber daya manusia (SDM) yang baik, sarana dan prasarana yang nyaman dan sistem yang terintegrasi. Sehingga layanan publik di Kota Sukabumi sesuai dengan tagline santun dan melayani.



Seperti diketahui, Disdukcapil Kota Sukabumi menggiatkan Si Jempol atau siap jemput bola pelayanan. Program Si Jempol ini adalah inovasi untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat salah satunya di luar layanan regular di lima hari kerja.

Di mana program Si Jempol dilakukan juga di luar jam kerja yakni Sabtu dan Minggu atau hari libur di sejumlah titik baik permukiman warga maupun sekolah dan pasar. Uniknya dokumen yang dibuat dalam Si Jempol hari itu juga harus jadi. Sehingga warga bisa mendapatkan layanan dengan cepat dan mudah.

Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi Iskandar Ifhan menambahkan, penghargaan ini salah satunya karena program Si Jempol. ‘’ Selain itu sinergitas dan kolaborasi pelayanan dengan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) lainnya, sehingga saling mendukung pencapaian indikator kinerja masing-masing,’’ ujar dia.

Hasilnya lanjut Iskandar, alhamdulillah dengan upaya tersebut cakupan kepemilikan dokumen  kependudukan di Kota Sukabumi mencapai 90 persen. Ke depan upaya peningkatan kualitas layanan dengan sejumlah inovasi akan terus digulirkan.   

Posting Komentar

0 Komentar