HKN 2019, Sukabumi Siap Gencarkan Inovasi Layanan Kesehatan



SUKABUMI--Pemerintah Kota Sukabumi melalui Dinas Kesehatan Kota Sukabumi memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 tingkat Kota Sukabumi, yang diitandai dengan upacara dipimpin Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi yang dipusatkan di Lapang apel Dinkes Kota Sukabumi, Senin (18/11).

Adapun topik yang diangkat sebagai tema dari Hari Kesehatan Nasional 2019 adalah Generasi Sehat, Indonesia Unggul. Peringatan HKN ke-55 adalah sebagai pengingat publik bahwa derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya akan terwujud apabila semua komponen bangsa dapat berperan serta dalam upaya kesehatan.

Dalam sambutanya, Pemerintah diprioritaskan dalam pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM). Serta mendorong dilakukannya upaya inovasi di bidang layanan kesehatan. Inovasi yang dimaksud bertujuan untuk melakukan efisiensi tindakan-tindakan yang mahal dengan terobosan-terobosan baru.

 '' Sesuai dengan amanat Menkes, momen HKN ini untuk mendorong inovasi dan prestasi serta pelayanan terbaik kepada masyarakat,'' ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi. Upaya ini dengan berkolabroasi bersama elemen masyarakat dalam pembangunan bidang kesehatan.

Selain itu ada beberapa Isu yang harus diwaspada seperti stunting, jaminan kesehatan nasional (JKN), penyediaan pelayanan dan kesehatan, harga obat hingga alat kesehatan dalam negeri. Stunting sempat menjadi masalah kesehatan yang sangat disorot di Indonesia.

Berdasarkan riset tahun 2013, prevelensi balita stunting di Indonesia mencapai angka 37,8 persen. Hingga tahun 2019, dengan upaya-upaya dan koordinasi antar pihak, prevelensi balita stunting berubah menjadi 27,67 persen.

Kondisi tersebut menunjukkan telah adanya penurunan sebesar 10 persen dalam 6 tahun terakhir, tetapi stunting dinilai masih menjadi permasalahan serius di masyarakat.

Posting Komentar

0 Komentar