Gerakan Literasi Mendongkrak Naiknya Kualitas SDM



SUKABUMI--Gerakan literasi terus digiatkan dalam kerangka mendongkrak kualitas sumber daya manusia (SDM) di Kota Sukabumi. Semangat ini mengemuka di Seminar nasional pentingnya budaya literasi dan penelitian dalam pendidikan karakter di kampus Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI), Minggu (24/11).

Seminar tersebut dibuka Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi dan dihadiri Dirbinmas Polda Jabar Kombes Badya Wijaya, Kapolres Sukabumi Kota AKBP Wisnu Prabowo dan Rektor UMMI Sakti Alamsyah. '' Beberapa waktu yang lalu bapak Presiden mengumpulkan seluruh kepala daerah dan forkompimda,'' ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi.

Bagaimana semua daerah melakukan percepatan pembangunan dan target yang sudah dicanangkan dapat disinergiskan di berbagai daerah. Ada tiga kunci dalam akselerasi percepatan pembangunan. Ketiganya yakni reformasi birokrasi, percepatan pembangunan infrastruktur, dan inovasi di bidang pendidikan.

'' Percepatan pembangunan dengan inovasi pendidikan yakni literasi yang mendongkrak kualitas SDM,'' ujar Fahmi. Di antaranya di kota dengan menggulirkan Sukabumi gemar membaca (Sugema), sahabat gerakan literasi (Geulis), di mana seluruhnya dalam wadah kolaborasi antara pemda dan elemen masyarakat lain.

Wali kota mengatakan, menjadi tantangan bagaimana dunia pembangunan pendidikan dengan inovasi. Sehingga hal ini harus disukseskan melalui gerakan literasi di publik. Selain itu kata Fahmi, disediakan sarana kotak literasi cerdas (Kolecer). Di mana pada minggu ini akan ditambah dua Kolecer.

Pemkot ungkap Fahmi, juga akan membangun kelurahan sport center sesuai kebutuhan warga. Di sarana itu akan dibuat pojok baca dan mushola. Targetnya warga kuat, sehat, dan sehat jasmani maupun rohani.

Rencananya pada 16 Desember 2019 akan diresmikan 10 kelurahan sport center sebagai percontohan di dalamnya pojok baca. '' Dengan literasi akan lahir peradaban terbaik,'' kata Fahmi.

Posting Komentar

0 Komentar