Masjid jadi Pusat Peradaban Islam


SUKABUMI--Masjid harus menjadi pusat peradaban Islam karena memiliki tiga peran yakni tempat ibadah, diskusi tentang keumatan, dan tempat sosial kemasyarakatan. Hal ini disampaikan Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi saat menghadiri peresmian Masjid Arrazzaaq Perum Taman Asri di RT 01 RW 14 Kelurahan Subangjaya Kecamatan Cikole, Minggu (27/10) sore.

Pada momen tersebut hadir tokoh masyarakat dan warga Perum Taman Asri. ‘’ Pembangunan masjid yang dilakukan warga membantu pemerintah daerah dalam memperkuat bidang keagamaan,’’ ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi dalam sambutan peresmiannya.

Adanya kolaborasi antara warga dan pemerintah akan menjadikan pembangunan di Sukabumi makin melesat termasuk dalam bidang keagamaan. Apalagi, melihat sejarah Islam dan pandangan Islam tidak ada tempat simbol atau ikon sebuah peradaban Islam selain masjid.

Namun tantangannya selepas masjid berdiri, maka harus dimakmurkan dengan berbagai kegiatan ibadah dan mampu melahirkan generasi terbaik. Selain itu masjid memiliki peran penting yakni sebagai tempat ibadah, diskusi tentang keumatan, dan tempat sosial kemasyarakatan.

Fahmi mengatakan, dalam fungsi ibadah pemkot menggulirkan gerakan subuh berjamaah dan magrib mengaji. Sementara untuk fungsi diskusi atau berpikir pemkot akan melengkapi masjid dengan sarana perpustakaan.

Terakhir kata Fahmi, dalam fungsi sosial kemasyrakatan pemkot mempunyai program guru mengaji dan marbot masjid akan diberikan insentif bulanan. Pemberian insentif sebagai bentuk penghargaan kepada guru ngaji dan marbot masjid.

Posting Komentar

0 Komentar