Dorong Sinergitas Pembangunan, Wali Kota Sukabumi Apresiasi Kopdar






Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menghadiri Forum Koordinasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (Kopdar) di Hotel Pantai Indah Timur, Kabupaten Pangandaran, Kamis (26/9). Ajang ini menjadi sarana bagi kepala daerah baik kabupaten/kota untuk menyampaikan curhatan, saran dan kebutuhan daerah langsung kepada Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.


Pada momen itu dilakukan penandatanganan kesepakatan bersama tentang pembangunan daerah bersama kepala daerah dari 27 kabupaten/kota se-Jawa Barat. Kegiatan tersebut dihadiri Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan diikuti oleh 27 kepala daerah se-Jawa Barat. 


‘’ Pemkot Sukabumi mengapresiasi kegiatan kopdar yang tahun ini sudah dilakukan sebanyak tiga kali,’’ ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi. Kegiaran tersebut menjadi ajang bagi kepala daerah untuk menyampaikan curhatan, saran dan kebutuhan daerah secara langsung kepada gubernur yang selama ini tidak bisa dilakukan sebebas sebagaimana dalam kegiatan kopdar.


Semoga kegiatan kopdar ini bisa berbanding lurus untuk merumuskan perencanaan di tahun mendatang. Harapannya kopdar yang kegiatannya berada di Tata Pemerintahan (Tapem) dan e-Planning yang diinisiasi Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) bisa sinergis satu dengan yang lainnya.


‘’ Harapan saya pemprov mengatur jadwal kopdar dan penyampaian e-Planning usulan bisa terpenuhi dan bisa diterima gubernur,’’ ujar Fahmi. Sehingga berbagai program pembangunan di daerah bisa berjalan dengan baik dan dilakukan percepatan.


Gubernur Jabar Ridwan Kamil berharap pertemuan kopdar menjadi momentum para kepala daerah untuk menyampaikan aspirasinya terhadap pemerintah provinsi. Kordinasi antar pemerintahan daerah pun akan lebih baik dibandingkan sebelumnya.


Dalam forum Kopdar juga disosialisasikan program BJB Indah (Infrastruktur Daerah) kepada seluruh bupati/wali kota di Jawa Barat. Program ini merupakan pembiayaan untuk mendukung kegiatan pembiayaan infrastruktur di daerah.

Posting Komentar

0 Komentar