Danakitri Untuk Para Pelaku Ekonomi Kreatif di Kota Sukabumi



Pemerintah Kota Sukabumi berkomitmen untuk membangun sektor ekonomi kreatif. Langkah ini sebagai bukti pemerintah hadir dalam setiap kesempatan dan relung kehidupan masyarakat termasuk ekonomi kreatif yang kini berkembang pesat.

Salah satu upanya dengan memberikan bantuan dana stimulans melalui program Danakitri (Sukabumi Creative Financing Forum) yang digulirkan Sukabumi Creative Hub (SCH). Kata Danikitri diambil dari bahasa sansakerta yang artinya adalah kemasyhuran dan diharapkan program ini dapat memasyhurkan para pelaku ekonomi kreatif di Kota Sukabumi.

Hal tersebut disampaikan Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi dalam acara penilaian finalis yang mengajukan program bantuan Danakitri di K-Viesta, Jalan Siliwangi, Kota Sukabumi Senin (16/9) malam. ‘’ Kegiatan ini dalam kerangka menunjukkan pemerintah hadir dan bergandeng tangan untuk sama-sama melangkah membuat lompatan panjang dalam pengembangan ekonomi kreatif,’’ ujar Fahmi.

Dari 16 subsektor ekonomi kreatif, pemerintah menilai perlu fokus pada subsektor yang menjadi keunggulan daerah. Dalam penilaian terhadap 10 finalis program Danakitri ada yang mewakili subsektor kuliner, fashion, musik, aplikasi dan pengembangan game, design dan periklanan, dan fotografi.

Wali kota mengatakan, ajang ini juga sebagai media menjalin kebersamaan antara sesama pelaku ekonomi kretaif. Dalam artian para pelaku ekonomi kreatif saling mempelajari antara satu dengan yang lain dan bukan mencari kelemahan.

‘’ Program ini juga dilaksanakan sebagai apresiasi keberadaan ekonomi kreatif yang perkembangannya cukup pesat,’’ cetus Fahmi. Targetnya dengan adanya program ini maka ekonomi kreatif akan terus melesat keberadaannya dari tahun ke tahun.

Upaya ini sejalan dengan tujuan bernegara yakni melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteran unum dan mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut serta melaksanakan perdamaian dunia. Melihat tujuan bernegara ini, pemda harus hadir dalam dalam setiap kesempatan dan relung yang ada di masyarakat.

Manager Program Sukabumi Creative Hub Rendy Irlian Kamase menerangkan, ada sebanyak 47 proposal untuk mendapatkan bantuan Danakitri. Dari jumlah tersebut terpilih 10 finalis.

Posting Komentar

0 Komentar