Bulan Gemar Membaca dan Hari Kunjungan Perpustakaan Di Kota Sukabumi



Semarak kegiatan bulan gemar membaca dan hari kunjungan perpustakaan di Kota Sukabumi begitu terasa di halaman Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Sukabumi Selasa (17/9). Acara dihadiri ratusan pelajar tingkat SD hingga SMA yang mengikuti lomba gerakan sekolah menulis dalam rangkaian bulan gemar membaca.

Dalam momen itu hadir Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi, Bunda Literasi Kota Sukabumi Fitri Hayati Fahmi, Pimpinnan Ponpes Dzikir Alfath Fajar Laksana, dan Ketua Asosiasi Arsiparis Indonesia Jawa Barat. Kegiatan bulan gemar membaca dimulai 12-30 September 2019 dan dirangkaikan pelantikan Asosiasi Arsiparis Indonesia Kota Sukabumi.

Tema yang diangkat yakni jejak literasi budaya sunda dan menampilkan sejumlah kegiatan. Misalnya lomba gerakan sekolah menulis, pameran literasi budaya perkakas sunda, pameran arsip sejarah Kota Sukabumi, Book hunter, pameran untuk mengenang BJ Habibie, dan pameran perpustakaan inklusi berbasis sosial.

'' Pada bulan kunjung perpustakaan ini unik, karena tidak hanya dilakukan pemda semata karena kolaborasi dengan berbahai pihak misalnya Ponpes Dzikir Alfat terkait literasi budaya,'' ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi. Selain itu museum Kipahare yang menunjukkan permainan dan perkakas sunda.

Wali kota memandang hal itu perlu ditampilkan karena khawatir anak-anak SD hingga SMA yang identik dengan generasi milenial tidak tahu perpakas sunda seperti lisung dan lainnya. Hal ini menarik kunjungan karena di perpustakaan ditampilkan berbagai barang yang identik dengan literasi budaya sunda.

'' Berharap gerakan literasi tumbuh dan kokoh, yakinkan anak-anak dan remaja serta pelajar jadi generasi yang hebat,'' imbuh Fahmi. Sebabnya dari literasi akan hadir generasi hebat dengan wawasan yang luas dan menjunjung tinggi peninggalan budaya yang bersejarah.

Lebih lanjut Fahmi mengatakann dalam kesempatan itu dikukuhkan dan dilantik Asosiasi Arsiparis Kota Sukabumi. Para arsiparis merapikan arsip sesuai standr minimal di setiap SKPD. Kehadirannya diharapkan mampu membenahi arsip dinamis dan statis di setiap SKPD.

Kepala Dispusip Kota Sukabumi Nicke Siti Rahayu mengatakan, September merupakan bulan gemar membaca yang dicanangkan Presiden Kedua Republik Indonesia Soeharto pada 14 September 1995 serta hari literasi internasional. Kegiatan ini sebagai upaya peningkatan literasi di Kota Sukabimi sesuai visi misi wali kota dan wakil wali kota yakni religius, nyaman dan sejahtera. '' Tujuannya menunbuhkan budaya literasi dan mengoptimalkan peran perpustakaan,'' kata dia.

Posting Komentar

0 Komentar