Ulang Janji Pramuka Berlangsung Khidmat



SUKABUMI - Gerakan Pramuka kini memasuki tahun ke-58. Tentunya usia yang sangat matang bukan? guna mengisi kemerdekaan Bangsa dan membangun generasi penerus bangsa yang berbudi luhur.

Tak ketinggalan, dalam bentuk syukurnya pengurus Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) dan Kwartir Cabang (Kwarcab) gerakan pramuka Kota Sukabumi melakukan upacara ulang janji pramuka, Selasa malam (13/8) di Gedung ajuang 45 Kota Sukabumi.



Ditengah gelapnya ruangan gedung tersebut, lilinpun menerangi disetiap janji-janji yang diucapkan oleh seluruh anggota Pramuka, sambil menghayati isi dari janji-janji pramuka yang diucapkan dan yang melekat di tubuh anggota Pramuka suasanapun begitu khidmat.

Melalui ulang janji ini, mengingatkan kembali kepada kita semua tentang janji pramuka yakni Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka, itulah makna ulang janji pramuka.

'' Khidmatnya suasana ini senantiasa mengingatkan komitmen kita khususnya kepada gerakan pramuka,'' ujar Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Kota Sukabumi sekaligus Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi. Setiap tahun dilakukan acara mengucap ulang janji sebagai anggota pramuka.

Tentunya kata Fahmi, ucap ulang janji ini bukan seremonial belaka akan tetapi betul-betul menyentuh sanubari para anggota pramuka. Salah satunya membulatkan tekad dan mengobarkan semangat untuk meneruskan perjuangan dan pengabdian untuk mencapai tujuan bangsa yakni mewujudkan masyarakat adil dan makmur berbasiskan pancasila melalui pramuka.

Undang-Undang Nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka mengamanatkan beban luar biasa berat kepada anggota dewasa gerakan pramuka. Di antaranya tugas membimbing, membina melatih, dan membentuk karakter pra siaga, siaga, penggalang, penegak dan pandega semuanya bukan hal yang mudah dan hal berat itu akan menjadi ringan bila dilakukan bersama-sama

'' Mari jadikan pramuka sebagai organisasi siap membentuk dan mencetak generasi muda berkarakter dan unggul,'' imbuh Fahmi. Kedua ketua mabicab berpesan agar kakak pengurus gerakan pramuka menyamakan visi dan misi serta bergandeng tangan membangun pramuka yang unggul.

Di antaranya dengan membuat kegiatan menarik agar keberadaan pramuka dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Fahmi meminta pramuka juga mampu mengikuti perkembangan teknologi dan informasi.

Posting Komentar

0 Komentar