Pemkot Sukabumi Siap Ditakdirkan Juara Satu Dalam Pelayanan Hukum



CIKOLE - Pemerintah Kota Sukabumi menerima kunjungan Tim verifikasi jaringan dokumentasi dan informasi hukum (JDIH) dari Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN), Rabu (14/8) di Ruang Utama Balaikota Sukabumi. Kunjungan tersebut dalam rangka verifikasi penilaian pengelolaan JDIH baik secara fisik maupun secara teknis dari segi teknologi informasi.

Dalam pembukaannya Ketua Tim sekaligus Kepala Pusat Dokumentasi dan Jaringan Informasi Hukum Nasional Drs. Yasmon. M.L.S menjelaskan bahwa verifikasi penilaian JDIH ini sebagai kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh BPHN RI sekaligus untuk memonitor kegiatan pengelolaan JDIH yang telah dilaksanakan.


Dirinya menilai anggota JDIH Pemkot Sukabumi cukup membanggakan, di tahun 2018 contohnya pengelola JDIH mendapatkan predikat terbaik tingkat nasional. Oleh sebab itu, sebagai bentuk penghargaan tim melakukan evaluasi langsung ke lapangan sebagai bentuk penilaian.

Ditambahkanya, melalui pengelolaan JDIH di Kota Sukabumi merupakan bagian yang berkontribusi besar dalam pembangunan indonesia. Bahkan pengelolaan JDIH Kota Sukabumi menjafi contoh bagi daerah lain.

Penilaialian JDIH lanjut Yasmon, didasarkan peraturan peresiden dan ada enam kriteria yakni kelembagaan pengelolaan JDIH, SDM yang tersedia, mekanisme pengelolaan dokumen hukum dan pemanfaatan teknologi informasi dan ditambahkan inovasi. '' Sepertinya inovasi banyak dilakukan oleh Pemkot Sukabumi yakni layanan berbasis android dan bisa mendapatkan produk hukum di HP,'' cetus dia.

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menyambut baik kedatangan tim verifikasi JDIHN, dari apa yang disampaikan terdapat dua sinyal kuat. Diantaranya Pemerintah Kota Sukabumi kedepan diprediksi akan kedatangan tamu untuk mencari tahu seperti apa konsep JDIH di Kota Sukabumi yang dinilai menjadi percontohan nasional.

Selanjutnya kata Fahmi, Sekertaris DPRD Kota Sukabumi diharapkan bisa bisa menemani Pemkot Sukabumi dalam hal sistem JDIH sebagai juara pertama. Semangatnya untuk menciptakan dan membentuk karakter masyarakat yang baik dan sadar hukum karena tidak terlepas dari JDIH. Di mana hal kecil ini bisa mendukung program pemerintah pusat.

Kota Sukabumi ungkap Fahmi siap di takdirkan untuk juara satu dalam pelayanan hukum terbaik sehingga masyarakat mendapatkan infomasi yang seutuhnya. Kedepan Kota Sukabumi siap menjadi garda terdepan untuk pengawal produk hukum.

Penulis : Ovie
Tata Letak : Kang Warsa

Posting Komentar

0 Komentar