Kota Sukabumi Juara Dua Teknologi Tepat Guna Inovasi Tingkat Jabar



SUKABUMI - Kota Sukabumi meraih juara dua untuk kategori teknologi tepat guna inovasi dalam gelaran teknologi tepat guna (TTG) Tingkat Jabar IX di Lapang Merdeka Kota Sukabumi, Rabu (21/8). Pemberian penghargaan tersebut diberikan langsung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Pencapaian prestasi ini cukup membanggakan karena Kota Sukabumi yang diwakili mahasiswa Politeknik Sukabumi mengalahkan puluhan peserta lainnya dari 27 kota/kabupaten se-Jabar. Wakil dari Kota Sukabumi adalah Eko Widianto yang menjadi juara dua kategori inovasi dalam TTG tingkat Jabar 2019 dengan karya mesin pelet ikan.

Sementara juara pertama adalah Ai Suganda asal Tasikmalaya dengan karya alat penanam padi dan juara tiga diraih Siswanto asal Kabupaten Kuningan dengan karya panel kontrol pengatur suhu.

‘’ Alhamdulillah, wakil dari Kota Sukabumi meraih juara dua dalam kategori inovasi teknologi tepat guna,’’ ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi. Hasil ini berdasarkan tim juri yang ahli dan menguasai pada bidang teknologi baik provinsi maupun nasional.


Teknologi yang dikembangkan dan menjadi juara dua adalah mesin pencetak pelet ikan. Nantinya Pemkot Sukabumi akan berkolaborasi dengan Pemprov Jabar dalam penerapannya terutama digabungkan dengan teknologi e-fishing.

Sehingga pelet ikannya dari Kota Sukabumi, sementara teknologi menyebarkan makan ikan dari yang lain. Fahmi menuturkan, Pemkot Sukabumi akan membantu pengembangan teknologi tersebut. Apalagi, Poltek Sukabumi adalah bagian tidak terpisahkan dari Kota Sukabumi.

Inovator mesin pelet ikan, Eko Widianto mengaku bersyukur bisa meraih prestasi dalam ajang TTG tingkat jabar 2019 tersebut. Inovasi mesin pelet ini banyak keunggulannya dari segi produksi per jam yang lebih banyak dan harganya jauh lebih murah.

Posting Komentar

0 Komentar