Era Milenial, Sukabumi Dorong Koperasi Makin Maju



SUKABUMI - Pemerintah Kota Sukabumi berkomitmen untuk terus memajukan koperasi di Kota Sukabumi. Caranya dengan mendorong lahirnya koperasi S Mart di setiap kelurahan yang berjumlah 33.

Hal ini disampaikan Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Setiawan Hamami dalam acara peringatan hari koperasi ke-72 tahun 2019 tingkat Kota Sukabumi di Hotel Maxone, Kota Sukabumi, Rabu (7/8). Dalam acara itu hadir Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM, Rully Indrawan dan para pelaku koperasi di Kota Sukabumi.

Peringatan hari koperasi di Kota Sukabumi ini bertemakan Semangat kolaborasi dalam pengembangan koperasi di era milenial menuju Kota Sukabumi yang religius, nyaman dan sejahtera (Renyah). ‘’ Target pemkot di setiap kelurahan akan ada koperasi S Mart,’’ ujar Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Setiawan Hamami.

Di mana 70 persen sahamnya dimiliki masyarakat Sukabumi. Hal ini supaya kesejahteraan merata minimal satu kelurahan S Mart untuk menjaring seluruh warga agar memiliki koperasi.

Menurut Andri, koperasi S Mart dalam bentuk distribusi, sembilan pokok, simpan pinjam, dan koperasi seagala ada yakni apa yang ingin masyarakat ada serta pelayanan online bukan ritel manual. Koperasi ini juga membina warung yang akan mendapatkan bantuan Rp 5 juta dalam bentuk barang.

Pembentukan koperasi S Mart ini mendapatkan pendampungan. Targetnya ada 33 koperasi S Mart di 33 kelurahan. Peresmian S Mart yang pertama di Jalan Otista, Kecamatan Citamiang dilakukan pada Rabu siang.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perdagangan, dan Perindustrian (Diskopdagrin) Kota Sukabumi Ayep Supriatna menambahkan, pemkot mendorong agar koperasi mempunyai keinginan untuk maju. ‘’ Ada sebanyak 325 koperasi yang aktif dan hanya sebanyak 192 yang aktif,’’ ujar dia.

Dari jumlah itu kata Ayep, hanya 80 unit koperasi yang rutin melakukan rapat anggota tahunan (RAT). Sehingga rencananya pada tahun ini pemerintah pusat akan membubarkan sebana 96 koperasi tidak aktif agar efektif dalam menjalankan roda perekonomian.

Ke depan lanjut Ayep, Pemkot Sukabumi akan terus melakukan pembinaan kepada koperasi agar terus maju dari segi manajemen dan lainnya. Sehingga akan lahir koperasi yang bisa meningkatkan kesejahteraan anggotanya.

Posting Komentar

0 Komentar