Wali Kota Sukabumi Targetkan Perpustakaan SMA 3 Sukabumi Terbaik Tingkat Nasional



SUKABUMI - Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menerima tim verifikasi lomba perpustakaan tingkat nasional di Ruang Utama Balai Kota Sukabumi Jumat (26/7). Dalam kesempatan itu wali kota berharap Perpustakaan SMA Negeri 3 Sukabumi yang mewakili Jawa Barat bisa menjadi yang terbaik di tingkat nasional.


Kedatangan Ketua Tim Verifikasi Penilaian Lomba Perpustakaan Sri Sularsih dan anggota tim diterima juga diterima oleh Bunda Literasi Kota Sukabumi Fitri Hayati Fahmi. Selain itu Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Sukabumi Nicke Siti Rahayu dan pejabat lingkup Pemkot Sukabumi lainnya.

'' Kota Sukabumi mendapatkan kepercayaan dikunjungi untuk dilakukan verifikasi lomba perpustakaan tingkat nasional,'' ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi. Hal ini dikarenakan SMA Negeri 3 Sukabumi mewakili Jawa Barat di tingkat nasional.

Pada tahun sebelumnya kata Fahmi, Kota Sukabumi sempat menghantarkan SMA Negeri 2 Sukabumi ke tingkat nasional. Harapannya pada 2019 ini Perpusatakaan SMA 3 Sukabumi bisa menjadi juara dalam ajang perlombaam.

Fahmi menuturkan, hadirnya tim penilai lomba perpustakaan diharapkan juga melakukan pembinaan. Sehingga perpustakaan di sekolah yang ada di Kota Sukabumi bisa menjadi perpustakaan terbaik.

Menurut Fahmi, SMA 3 Sukabumi menjadi perpustakaan unggulan di lingkungan sekolah yang ada di Kota Sukabumi. Hal ini ditandai dengan adanya inovasi pelayanan yang diberikan oleh perpustakaan di sekolah tersebut.

Misalnya kata Fahmi, adanya Komonitas Sepeda Perpustakaan (Sikasep) dan Gerakan Literasi (sigelis). Beberapa inovasi yang dilakukan perpustakaan SMA 3 Sukabumi ini menunjukkan perpustakaan yang ramah siswa.

Fahmi menuturkan, program literasi merupakan salah satu prioritas dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD). Kebijakan ini merupakan komitmen pemerintah daerah dalam mendorong generasi beradab yang cinta pada buku.

Selain perpustkaan sekolah lanjut Fahmi, pemkot juga .embangun tiga perpustakaan di kelurahan. Targetnya setiap tahun ada penambahan sarana tersebut sehingga seluruh kelurahan terfasilitasi perpustakaan agar memudahkan masyarakat.

Lebih lanjut Fahmi menerangkan, literasi media ruang publik akan terus digelorakan. Misalnya dengan memperbanyak stimulan program Gubernur Jabar seperti halnya Kolecer atau Kotak Literasi Cerdas. Pemkot menggandeng BJb menambahkan kolecer di beberapa ruang publik sehingga dengan mudah dijumpai.

Selanjutnya kata Fahmi, di Kelurahan sport center akan ditempatkan pojok baca untuk mendukung gerakan pemerintah pusat memperkuat masyarakat agar lebih mencintai membac buku.

Ketua tim verifikasi penilaian lomba perpustakaan Sri Sularsih mengatakan, tim menyampaikan selamat kepada SMA 3 Sukabumi yang sudah mewakili Jawa Barat di tingkat nasional. Kedatangan tim ke Sukabumi untuk melakukan verifikasi dan melengkapi data yang sudah diterima.

Sri mengatakan, perpustakaan SMA Negeri 3 Sukabumi diharapkan bisa memajukan sumber daya manusia yang unggul. Sebabnya dengan membaca buku akan meningkatkan wawasan dan pengetahuan pelajar, sehingga mampu menghadapi perkembangan zaman dan teknologi yang semakin pesat.

Penulis  : Ovie
Tata Letak: Kang Warsa

Posting Komentar

0 Komentar