Sukabumi Lestarikan Dongeng Sunda Lewat Roadshow Ngadongeng Sunda



SUKABUMI - Kota Sukabumi berupaya melestarikan dongeng sunda dengan menggiatkan Roadshow Ngadongeng Sunda ke 7 Kecamatan. Langkah ini dinilai efektif dalam membangkitkan budaya ngandongeng sunda di tengah masyarakat.

Roadshow Ngadongeng Sunda yang digiatkan Bunda Literasi Kota Sukabumi Fitri Hayati Fahmi dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Sukabumi ini dimulai sejak Senin 22 Juli 2019 di Kecamatan Cikole dan Citamiang. Kini roadshow berlanjut ke Kecamatan Baros pada Senin (29/7).



Bunda Literasi Kota Sukabumi Fitri Hayati Fahmi mengatakan, roadshow ini mengambil tema Nanjeurkeun budaya literasi di Kota Sukabumi anu religius, nyaman, tur sejahtera. '' Kegiatan intinya ingin melestarikan kembali dongeng sunda,'' ujar dia.

Sebabnya kata Fitri, saat ini dongeng sunda sudah jarang diperkenalkan kepada anak-anak. Harapannya generasi muda dapat kembali mencintai dongeng sunda.

Selain itu kata Fitri, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan minat literasi dan mendorong orang tua agar kembali membiasakan membacakan dongeng kepada anak-anaknya. Dengan membiasakan mendongeng dinilai akan mempererat ikatan orangtua dengan anak. Sehingga akan menjadi media untuk meningkatkan ketahanan keluarga.

Fitri yang juga sebagai Ketua tim penggerak PKK Kota Sukabumi juga mewajibkan para kader PKK untuk memiliki kartu anggota perpustakaan. Hal ini sebagai cara meningkatkan wawasan kader PKK dalam berbagai bidang misalnya dalam kemampuan mendongeng dalam bahasa sunda

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi mengatakan, pemkot mendorong adanya ketahanan keluarga melalui media literasi mendongeng sunda yang dilakukan para orangtua kepada anaknya. Di mana selain melestarikan dongeng sunda sekaligus juga mendekatkan hubungan emosional antara orangtua dengan anak-anaknya.

'' Sehingga pemkot mendorong dongeng sunda harus tetap dilestarikan,'' kata Fahmi. Roadshow ini dapat menjadi pendorong kepada warga untuk dilaksanakan kembali di lingkungan keluarga.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Sukabumi Nicke Siti Rahayu menambahkan, diadakannya kegiatan ini dalam rangka pencapaian visi Wali Kota – Wakil Wali Kota yakni mewujudkan Kota Sukabumi religius, nyaman, dan sejahtera. '' Kegiatan ini bukan hanya untuk meningkatkan minat baca pada anak, tetapi juga sekaligus meningkatkan minat baca para orang tua,'' imbuh dia.

Kegiatan ini dimeriahkan dengan pertunjukan dongeng oleh Ki Dewa dan penampilan dongeng siswi SDN CBM Dewi Sartika yang merupakan Juara 3 mendongeng tingkat Jawa Barat. Ajang ini diikuti peserta dari Tim Penggerak PKK Kota Sukabumi, para guru dari tingkat SD hingga SMA, para camat beserta jajaran.

Penulis : Ovie
Tata Letak : Kang Warsa

Posting Komentar

0 Komentar