Pemkot Apresiasi Festival Koi Lokal dan Dukung Koi Jadi Ciri Khas Sukabumi



SUKABUMI- Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi mengapresiasi Festival Koi Lokal 2019 yang digelar di Gedung Widaria Kencana (GWK), Jalur Lingkar Selatan Kota Sukabumi Sabtu (27/7). Ajang ini diharapkan mampu mengembalikan citra Sukabumi yang terkenal dengan ikan koinya.

Dalam momen tersebut, Wali Kota Sukabumi yang didampingi oleh ketua tim penggerak PKK Kota Sukabumi Fitri Hayati Fahmi menyempatkan diri untuk melihat sejumlah ikan koi yang dikonteskan dari berbagai daerah di Jawa Barat.


''Kami memberikan apresiasi atas kegiatan yang digagas teman-teman komunitas pecinta ikan koi di Sukabumi raya,'' ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi. Ia mengatakan ikan koi merupakan salah satu ciri khas Sukabumi.

Sehingga kata Fahmi, pemkot mendukung dan berkomitmen bersama dengan komunitas pecinta ikan koi untuk berupaya menumbuhkembangkan lagi koi sebagai ciri khas Sukabumi. Caranya dengan menggelar satu even nasional yang menjadikan koi sebagai tema utamanya.

Awalnya kata Fahmi, sudah ada dua evek besar yang akan digelar di Sukabumi yakni kuliner dan musik. '' Tampaknya even ketiga adalah koi,'' imbuh dia.

Untuk mewujudkannnya lanjut Fahmi, perlu adanya upaya menyatukan langkah gerak dengan melibatkan lima unsur pentahelix yakni akademisi, bisnis, community, government, dan media (ABCGM). Hal ini dalam mengenalkan destinasi Sukabumi terutama ekonomi kreatif yang bisa bersaing dengan daerah lain.

Sementara untuk destinasi wisata alam Kota Sukabumi memiliki keterbtasan dan ada di Kabupaten Sukabumi. Intinya Kota/Kabupaten Sukabumi harus saling melengkapi.

'' Kami harapkan kolaborasi tidak ada sekat geografis yang dimunculkan,, tapi bagaimana Sukabumi Raya yang dikenal dengan ikan koinya,'' ungkap Fahmi. Oleh karrnanya pada tahun ini akan coba kolaborasi antara pemda dengan pecinta koi dalam menggelar even besar.

Di sisi lain lanjut Fahmi, di Sukabumi terdapat banyak taman lalu lintas. Di lokasi itu nantinya dimungkinan ada penanda ikan koi seperti patung dengan warna merah hitam putih nuansa koi.

Keberadaan warna itu kata Fahmi, sebagai branding Sukabumi Raya sebagai bagian tidak terpisahkan dari koi. '' Ingat Sukabumi ingat koi,'' kata dia.

Ketua Panitia Festival Koi Lokal 2019 Eko mengatakan, kegiatan ini untuk membangkitkan kembali koi sebagai salah satu ciri khas Sukabumi. Dalam festival ini juga melibatkan semua unsur dalam pentahelix dan ke depan harapannya bisa lebih diperkuat.

Penulis: Ovie
Tata Letak: Kang Warsa

Posting Komentar

0 Komentar