Wali Kota Sukabumi Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila






SUKABUMI-Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menjadi pemimpin upacara peringatan hari lahir Pancasila di halaman Gedung Juang 45 Kota Sukabumi Sabtu (1/6). Dalam kesempatan itu wali kota membacakan sambutan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) yang menekankan pada pentingnya penerapan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.


Upacara itu juga dihadiri Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Setiawan Hamami, Kapolres Sukabumi Kota AKBP Susatyo Purnomo Condro, Dandim 0607 Kota Sukabumi Letkol Kav Mujahidin dan unsur muspida Kota Sukabumi lainnya. Peringatan hari lahir Pancasila kali ini dengan slogan 'Kita Indonesia Kita Pancasila cukup istimewa karena para unsur muspida menggunakan pakaian adat.


'' Pancasila mampu menyatukan kita semua sebagai satu bangsa dan hidup dalam negara kesatuan Republik Indonesia,'' ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi pada saat membacakan sambutan Plt Kepala BPIP Hariyono. Dinmana kondisi geografis yang memposisikan wilayah Indonesia sebagai negara kepulauan makin memperkokoh konsep dan keyakinan akan tanah air Indonesia.


Fahmi menuturkan, kesatuan gugusan pulau yang berada di antara dua samudera Pasifik dan Hindia serta diantara dua benua Asia dan Australia meneguhkan bahwa kita sebagai suatu bangsa memiliki ruang hidup tanag air sebagai satu kesatuan. Oleh karena itu Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup yang digali oleh para pendiri bangsa merupakan suatu anugrah yang tiada tara dari tuhan yang maha esa buat Bangsa Indonesia


Walaupun kata Fahmi mengutip sambutan Kepala BPIP sebagai bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai nilai Pancasila, kita akui eksistensi keindonesiaan baik sebagai bangsa maupun negara masih bertahan hingga kini berkat Pancasila. Ia melanjutkan Pancasila sebagai satu keyakinan dan pendirian yang asasi harus diperjuangkan. Pancasila harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam konteks itulah lanjut Fahmi, sesuai dengan pesan Presiden Jokowi bahwa memperingati dan merayakan hari kelahiran Pancaslla setiap tanggal 1 Juni merupakan suatu keniscayaan. Pertama kita berusaha mengenang dan merefleksikan momenntum sejarah dimana pendiri bangsa berhasil menggali nilai-nilai fundamental bangsa Indonesia sebagai dasar negara sehingga sebagai bangsa nusantara yang beragam dapat bersatu dan menyatu sebagai bangsa.

Kedua dengan merayakan hari lahir Pancasila kita bangun harapan dan kebersamaan untuk menyongsong kehidupan yang lebih baik. '' Melalui peringatan hari lahir, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi politik harapan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,'' ungkapnya.


Sehingga masyarakat harus terus menerus merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara, dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan masyarakat Indonesia.

Posting Komentar

0 Komentar