Wali Kota Sukabumi Lepas 17 Bus Mudik Gratis



SUKABUMI - Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi  sebanyak 748 orang warga yang mengikuti program mudik gratis di Kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Sukabumi Sabtu (1/6). Ratusan pemudik tersebut menggunakan sebanyak 17 unit armada bus.


Program mudik gratis ini digelar Pemkot Sukabumi dan Pemprov Jawa Barat. Para pemudik tersebut tidak hanya berasal dari Kota Sukabumi melainkan dari Kabupaten Sukabumi.


'' Tahun ini Pemkot Sukabumi dan Pemprov Jawa Barat kembali memberikan layanan terbaik untuk pemudik Sukabumi,'' ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi dalam sambutannya. Terutama untuk melayani warga yang mudik ke Solo, Wonogiri, Yogyakarta dan daerah sekitarnya



Fahmi menuturkan, pada waktu dahulu atau tepatnya pada 2014 hanya ada dua bus dalam program mudik gratis. Namun setiap tahunnya ada penambahan dan saat ini menjadi 17 unit armada bus.


Menurut Fahmi, pemerintah menyediakan bus dalam program mudik gratis dengan berbagai alasan. Pertama pemerintah ingin penggunaan kendaran pribadi semakin diminimalisir karena akan menambah macet dab menjadi tidak nyaman.


'' Sehingga pemerintah siap fasilitasi angkutan umum,'' imbuh Fahmi. Para pemudik nantinya tidak perlu repot membeli bensin dan lain sebagainya karena telah disiapkan gratis.


Ketiga lanjut Fahmi, harapannya ketika pulang setelah mudik sebagaimana saat ini jumlahnya sebanyak 748 orang. Dalam artian jumlahnya tetap jangan berubah karena Sukabumi telah padat dengan penduduk.


Lebih lanjut Fahmi menuturkan, tidak ada kebahagiaan selain memberikan pelayanan terbaik dan dapat dimanfaatkan semaksiaml mungkin dan membuat warga bergembira. Intinya Pemerintah kota dan Provinsi berbagi kebahagiaan dengan kondisi busnya bagus, dilengkapi AC, diberi makan dan snack serta dicek kesehatannya.


'' Saya mewakili pemerintah mengucapkan selamat melaksanakan Idul Fitri di kampung halaman masing-masing dan kembali ke Sukabumi dalam keadaan sehat,'' cetus Fahmi.


Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Sukabumi Abdul Rachman menambahkan, program mudik gratis ini sudah menginjak yang ke 6 kali digelar di Kota Sukabumi. '' Awalnya hanya dua kendaraan, dan kini mendapatkan dukungan provinisi menjadi 17 kendaraan,'' kata dia. Ke depan mudah-mudahan dapat terus bertambah banyak.


Di Jabar ungkap Abdul, mudik gratis digelar di Kota Bandung, Bogor, Bekasi dan Sukabumi. Di mana animo warga untuk mengikuti mudik gratis sangat tinggi.


'' Dalam empat hari pendaftaran langsung penuh,'' tutur Abdul. Dari 17 armada bus tersebut 15 bus dari provinsi, satu unit Pemkot Sukabumi dan satu dari Perum Damri.


Belasan unit bus tersebut kata Abdul sudah diperiksa kelayakan kendaraanya. Selain itu para sopir bus juga telah menjalani pemeriksaan kesehatan dan tes urine.


Abdul menuturkan, mudik gratis Provinsi Jabar dan Kota Sukabumi ini dapat berkesinambangan dan bermanfaat bagi pemudik. Sehingga pemerintah hadir untuk memberikan kemudahan kepada warga.

'' Kami setiap tahun melakukan mudik gratis dan meningkatkan kualitas pelayanan,'' ujar Idit Gunawan, Kepala UPTD Pengelolan Prasarana Perhubungan Laut Dishub Jabar. Dimana Kota Sukabumi mendapatkan kuota sebanyak 15 unit armada bus.

Posting Komentar

0 Komentar