Pemkot Sukabumi Dukung Pembangunan Sukabumi City Hub


SUKABUMI--Pemerintah Kota Sukabumi mendukung rencana pembangunan Sukabumi City Hub. Di mana keberadaan sarana ini akan menunjang perekonomian Kota Sukabumi.


Hal ini disampaikan Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Setiawan Hamami disela-sela sosialisasi penajaman pembangunan Sukabumi City Hub di Hotel Horison Kota Sukabumi, Senin (24/6).  Dalam rapat tersebut hadir Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah IX Provinsi Jawa Barat Agung Raharjo.


‘’ Kami apresiasi dan mendukung penuh pembangunan Sukabumi City Hub,’’ ujar Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Setiawan Hamami. Rencananya pembangunan sarana tersebut berada di kawasan Terminal Tipe A KH Ahmad Sanusi Sukabumi yang merupakan aset dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub).


Menurut Andri, keberadaan Sukabumi City Hub ini mendukung kesiapan Sukabumi dalam menghadapi selesainya pembangunan jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) dan rencana pembangunan bandara di Sukabumi. Dalam perencanannya di sarana tersebut akan tersedia hotel, bioskop, pusat usaha kecil menengah (UKM), dan terminal terpadu.


Pembangunan Sukabumi City Hub ini kata Andri, dibangun pihak investor dengan sistem Build Operate Transfer atau BOT. Namun rencananya badan usaha milik daerah (BUMD) Sukabumi juga dilibatkan.


Hadirnya sarana ini ungkap Andri, ditargetkan dapat menyebarkan pusat keramaian di Sukabumi. ‘’ Mohon doanya pembangunan bisa segera dimulai dan berjalan dengan baik,’’ cetus dia.


Saat ini lanjut Andri, tahapannya baru pada kajian  dan penyampaian dari konsultan investor. Sehingga harapannya ketika sudah selesai maka pembangunan bisa segera dilakukan. Di mana lahan yang akan digunakan untuk pembangunan mencapai 3,3 hektare.


‘’ Sukabumi ditunjuk oleh Kemenhub untuk membangun sarana ini karena lokasinya dekat dengan rencana pusat pemerintahan Sukabumi’’ kata Andri. Selain itu karena terminal Sukabumi dinilai memberikan pelayanan terbaik selama ini.


Selain Sukabumi ada dua daerah lainnya yang alan dibangun yakni Cirebon dan Sumedang. Namun Sukabumi dinilai lebih siap sehingga akan lebih dahulu dibangun.


Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah IX Provinsi Jawa Barat Agung Raharjo mengatakan, ketika Kemenhub mengelola Terminal Tipe A maka harus ada peningkatan kinerja pelayanan yang semakin baik. ‘’ Salah satunya ada perbaikan sarana dan fasilitas khususnya terminal,’’ imbuh dia.


Terlebih kata Agung, pada tahun depan adalah masa kebangkitan terminal. Rencananya pada tahun depan terminal akan menjadi jauh lebih modern dan pelayanan cepat serta fasilitas lebih manusiawi. Meskipun saat ini sudah dilakukan perbaikan salah satunya di Kota Sukabumi.


Agung mengatakan, pembangunan sarana ini mendapatkan dukungan dari Pemkot Sukabumi. Sebabnya keberadaan sarana tersebut dapat mendukung kesiapan Sukabumi menghadapi selesainya pembangunan jalan tol, kereta api Jakarta Bandung via Sukabumi dan Cianjur serta bandara. '' Targetnya pada 2020 sudah bisa terbangun dan untuk Sukabumi dapat selesai sekitar 1,5 tahun,'' ungkapnya.

Posting Komentar

0 Komentar