Pawai Kendaraan Hias Semarakkan Hari Lahir Pancasila di Sukabumi






SUKABUMI- Momen peringatan hari lahir Pancasila di Kota Sukabumi cukup semarak karena diwarnai dengan pawai kendaraan hias yang berkeliling kota Sabtu (1/6). Kegiatan tersebut untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa hari ini adalah hari lahir Pancasila.


Pawai kendaraan hias itu dilepas dari halaman Gedung Juang 45 Kota Sukabumi oleh Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi. Uniknya Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi, Kapolres Sukabumi Kota AKBP Susatyo Purnomo Condro dan Dandim 0607 Kota Sukabumi beserta Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Setiawan Hamami menaiki kendaraan water canon Polres Sukabumi Kota yang dihias dengan ornamen merah putih.


'' Hari lahir Pancasila jadi momentum untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan serta berkolaborasi antar semua elemen masyarakat dalam pembangunan,'' ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi. Di mana dalam kendaraan hias tersebut disampaikan pesan-pesan berisikan selamat hari lahir Pancasila.


Harapanya ungkap Fahmi, masyarakat makin mengenal akan hari lahir Pancasila yang diperingati setiap 1 Juni. Sehingga para unsur forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) Sukabumi turun langsung menaiki kendaraan hias berkeliling kota.


Kapolres Sukabumi Kota AKBP Susatyo Purnomo Condro menambahkan, uniknya hari Pancasila di Kota Sukabumi untuk menunjukkan Kota Sukabumi adalah kota sejuta keragaman. '' Kami ingin membangkitkan dan sosialisasikan kepada masyarakat tentang arti dari Pancasila,'' cetus dia.


Di mana di sana ada kerukunan, keberagamana, semangat, satu tekad agar bisa membangun Kota Sukabumi yang lebih baik. Disinilah arti pentingnya pengamalan nilai Pancasila.


'' Dalam pawai juga sengaja menggunakan pakaian adat untuk menunjukkan berbagai suku dan kelompok tetapi hari ini semua bersama membangun Indonesia,'' kata Susatyo. Intinya pawai berkeliling kota menunjukkan peringatan hari Pancasila tidak sekedar upacara tetapi ada kegiatan lainnya supaya masyarakat tahu dan mengerti bahwa hari ini adalah hari lahir Pancasila.

Posting Komentar

0 Komentar