Arsip itu penting




CIKOLE - untuk mempelajari tentang masa simpan arsip masa musnah arsip di setiap SKPD sesuai urusan Pemerintahan. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Sukabumi menggelar Workshop jadwal Retensi Arsip (JRA) fasilitatif fungsi keuangan dan kepegawaian dan non keuangan non kepegawaian di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, Senin (24/6) di Hotel Horison Kota Sukabumi. 


Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Setiawan Hamami membuka secara resmi Workshop tersebut. Dirinya mengapresiasi kegiatan tersebut bagi tenaga pengelola kearsipan seluruh SKPD di Lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi yang akan dimulai hari senin dan selasa tanggal 24-25 Juni 2019. 

Menurut Andri, upaya-upaya tertib administrasi di bidang kearsipan perlu dikelola oleh tenaga professional yang benar benar ahli dalam bidangnya, meskipun mayoritas pengelola arsip di lingkungan pemerith Kota Sukabumi diakui masih belum linier dengan bidang keilmuan pendidikannya serba keterbatasan sarana dan prasarana kearsipan. 

" Sebagai seorang pemimpin/pengelola arsip pada manajemen arsip dinamis, saudara harus mampu memanage dan mengelola arsip dengan baik agar arsip tersebut tidak menjadi sulit dan tidak memerlukan waktu yang lama untuk diketemukan kembali guna memperlancar pelaksanaan tugas," terang Andri..

Dalam keputusan secara cepat dan tepat. Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 telah mengamanatkan bahwa Arsip adalah rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai bentuk dan media sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang dibuat dan diterima oleh lembaga negara, pemerintahan daerah, lembaga pendidikan, perusahaan, organisasi politik, organisasi kemasyarakatan, dan perseorangan dalam pelaksanaan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. 


" Arsip sebagai salah satu informasi terekam memiliki multifungsi yang sangat penting untuk menunjang proses kegiatan didalam organisasi. Masalah yang kemudian timbul dari kondisi dan keadaan seperti tersebut diatas adalah semakin menumpuknya arsip arsip secra tidak teratur dan tidak terkontrol," jelasnya. 


Ditambahkan Andri, Melalui workshop Jadawal Retensi Arsip ini diharapkan dapat mendukung upaya pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing di Kota Sukabumi yang akan berdampak kepada terwujudnya visi misi yang telah kita tetapkan bersama. Kota Sukabumi tidak memiliki kekayaan alam, maka kemajuannya sangat tergantung kepada kualitas sumber daya manusia. Pembangunan sumber daya manusia, harus diawali dangan penciptaan masyarakat yang peka terhadap informasi. 


Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Sukabumi menambahkan, kegiatan ini untuk menindaklanjuti ketaatan pada peraturan perundang-undangan kearsipan khususnya. Tujuan workshop ini di gelar agar para peserta pengelola kearsipan di SPD dapat melaksa akan tertib dan sadar arsip di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi.  

" Kegiatan ini diikuti oleg pengelola kearsipan dari sKPd di Lingkungan Pemkot Sukabumi," kata dia. 

Menurutnya masih banyak aspek yang perlu dibenahi oleh Pemkot Sukabumi, seperti halnya ketaatan SKPD pada perundang-undangan kearsipan, sarana dan prasarana kearsipan serta SDM kearsipan. oleh sebab itu, seluruh SKPD dan pengelola arsip melaksanakan tertib dan sadar arsip.

Posting Komentar

0 Komentar