Wali Kota Sukabumi : May Day is Happy Day



SUKABUMI - Peringatan hari buruh internasional atau may day 2019 di Kota Sukabumi selalu berbeda dibandingkan dengan di daerah lain. Sebabnya peringatan may day dilakukan sambil berekreasi di kawasan Selabintana, Kabupaten Sukabumi.


Pada 2019 ini pun peringatan May Day dilakukan di tempat yang sama dengan dihadiri langsung Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi pada Rabu (1/5). Selain itu hadir Kapolres Sukabumi Kota AKBP Susatyo Purnomo Condro, sejumlah serikat pekerja, Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) dan lain sebagainya.


Di mana tema hari buruh 2019 ini yakni May day is creative day, together we grow. '' Bersyukur bisa silaturahmi dan sudah 7 tahun melakukan kegiatan may day dengan format berbeda'' ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi dalam sambutannya di depan ratusan buruh.


Ia menerangkan May day is happy, dalam artian may day hari yang membahagiakan untuk semua terutama buruh. '' Kenapa, karena pada may day seluruh pemangku kepentingan bersama-sama melaksanakan kegiatan berbaur satu dengan yang lain khususnya dengan buruh,'' imbuh dia.



Fahmi menerangkan, pada may day tahun lalu cuaca cerah. Namum tahun ini gerimis dan diharapkan bisa mengundang kebersamaan antara semua elemen.


Atas nama Pemkot kata Fahmi ia mengucapkan terimakasih kepada serikat pekerja dan buruh yang berperan dan tetap membantu situasi kota aman dan kondusif.'' Kami meyakini betul kondisi kota tetap aman dan kondusif karena dukungan warga khususnya berhubungan dengan mayday berasal dari buruh,'' kata dia.



Perayaaan may day setiap tahun ini ungkap Fahmi diharaplan semakin mengikatkan persaudaraan antara semua elemen baik pemda, pekerja dan serikat pekerja serta kalangan pengusaha.


Dalam kurun waktu dua tahun terakhir kata Fahmi, terjadi perubahan dalam rangka peningkatan kesejahteraan buruh di Sukabumi. Di sisi lain para pekerja asal Sukabumi bahkan diberikan penghargaan dari Provinsi Jawa Barat. Di mana salah satu pekerja wanita di sebuah pasar modern ditetapkan sebagai pekerja terbaik tingkat Jabar.


'' Prestasi ini karena dukungan, partisipasi dan kolaborasi serta kebersamaan antara semua elemen,'' cetus Fahmi. Ke depan, banyak harapan dan cita cita dari pekerja atau buruh.


Sehingga tutur Fahm, pemkot mengajak mari berkolaborasi antara pekerja dan pemerintah serta aparat keamanan. Terakhir wali kota mengucapkan selamat may day dan diharapkan bekerja sesuai dengan kewenangan untuk Sukabumi lebih baik, aman dan kondusif.



'' May day is happy day dan menjadi momen lahirnya ide-ide kreatif dan melahirkan prestasi inovatif,'' imbuh Fahmi. Sesuai dengan tema dengan bersama akan tumbuh bersama ke arah lebih baik.


Plt Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Sukabumi Iyan Damayanti menambahkan, peringatan may day dengan format rekreasi dan bermain ini sudah tujuh tahun dilakukan. '' Formatnya berbeda sambil rekreasi dan tidak ada aksi unjuk rasa,'' ujar dia.


Menurut Iyan, peserta peringatan may day ini berasal dari serikat pekerja seperti SPN dan SPSI. Selain itu dari pengusaha seperti Apindo dan Kadin. Jumlah peserta kegiatan mencapai sebanyak 200 orang yang merupakan perwakilan dari 20 perusahaan yang ada di Kota Sukabumi.

Posting Komentar

0 Komentar