Wali Kota Sukabumi Apresiasi Ekspo Pendidikan SMK Swasta




CIKOLE - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) swasta se-Kota Sukabumi mengikuti dan menampilkan hasil kreativitas siswa di ajang Expo Pendidikan SMK Swasta 2019, Jum'at (3/5) di Gedung Juang Kota Sukabumi. Kegiatan ini diharapkan dapat lebih mengenalkan prestasi dan kemampuan pelajar sekolah swasta kepada masyarakat.


Hal ini disampaikan Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi dalam sambutan pembukaan Ekpo Pendidikan Sekolah Swasta 2019. '' Kegiatan ini untuk mengokohkan semangat cinta pendidikan dan akan mengembangkan terus pendidikan,'' ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi.


Salah satunya dilakukan oleh sekolah swasta di Kota Sukabumi. Di mana di tengah perkembangan dunia pendidikan dan regulasi pendidikan serta pasang surut pendidikan, sekolah swasta bisa terus berkembang dan melakukan ekpo pendidikan untuk pertama kalinya di Kota Sukabumi.


Fahmi meyakini, SMK swasta dapat membuktikan tagline SMK yakni SMK bisa. Slogan ini tidak hanya untuk sekolah negeri melainkan bisa dijalankan SMK swasta karena sama-sama berkolaborasi mengambil peran dalam pembangunan pendidikan dan bisa bersaing dunia usaha serta industri.


'' Saya berbesar hati dengan adanya kegiatan ekpo ini bisa dilaksanakan,'' imbuh Fahmi. Kegiatan ini menunjukkan SMK swasta tidak identik dengan hal negatif.


Kalau pun ada merupakan pernak pernik yang dilakukan para oknum pelajar. Namun kebanyakan dilakukan pelajar tidak aktif.



'' Ekpo ini juga menunjukkan ke dunia luar namanya SMK swasta dan negeri sama-sama memiliki kompetensi, kualitas dan skill yang sangat dibanggakan,'' cetus Fahmi. Ke depan perlu adanya pembenahan dari sisi sarana prasarana, infrastruktur, dan kualitas.


Sehingga lulusan yang ada saat ini bisa mensejajarkan diri dengan SMK negeri. Fahmi menekankan, SMK swasta saat ini harus yakin kualitasnya dama dengan SMK negeri. Hal ini dapat ditunjukkan dengan berbagai karya dan kemampuaan yang lahir dari SMK swasta dan mensejajarkan diri dengan SMK negeri.



Fahmi menuturkan, kegiatan ekpo pendidikan sekolah swasta ini dapat menjadi event rutin tahunan yang di dirangkaikan dengan hari jadi Kota Sukabumi. Meskipun di sisi lain pemkot menyadari benar SMA sederajat bukan kewenangan Sukabumi namun tetap memberikan perhatian karena menyangkut masalah pendidikan.



Ketua Pantia Ekpo Pendidikan Sekolah Swasta 2019 Jaja sudrajat mengatakan, ekpo ini diikuti sebanyak 23 SMK swasta se-Kota Sukabumi dan 5 perguruan tinggi di Sukabumi. '' Kegiatan selama tiga hari mulai Jumat (3/5) hingga Minggu (5/5),'' cetus dia.


Jajat menerangkan, ekpo bertujuan mengenalkan sekolah swasta ke masyarakat baik Kota dan Kabupaten Sukabumi. Ke depan acara ini dapat menjadi agenda tahunan sebagai bentuk partisipasi dalam meningkatkan dunia pendidikan di Kota Sukabumi.

Posting Komentar

0 Komentar