Jalin Kebersamaan, Pemkot dan Warga Sukabumi Buka Bersama di Alun-Alun



SUKABUMI -Pemerintah Kota Sukabumi menggelar buka bersama on the street (Bubos) di Taman Alun-Alun Kota Sukabumi Sabtu (25/5). Pada kegiatan tersebut Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi dan Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Setiawan Hamami berbaur bersama warga untuk buka puasa bareng.


Acara yang digelar serentak di Jawa Barat tersebut diinisiasi oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan 27 Pemerintah Daerah Kota/Kabupaten se Jawa Barat. Selain wali kota dan wakil wali Kota Sukabumi, acara itu dihadiri pula Ketua Tim Penggerak PKK Kota Sukabumi Fitri Hayati Fahmi, Dandim 0607 Kota Sukabumi Letkol Kav Mujahidin dan para kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Pemkot Sukabumi dan seratusan warga Kota Sukabumi.


‘’ Kegiatan ini digelar di 27 kabupaten/kota di Jabar untuk menunjukkan kita satu keluarga besar yang tidak bisa terpisahkan antara satu dengan yang lainnya,’’ ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi. Di mana kegiatan Bubos ini semangatnya untuk bersilaturahim dan berkomunikasi dengan seluruh lapisan masyarakat. 


Dalam momen itu kata Fahmi, Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyapa warga di 27 kabupaten/kota melalui video conference. Hal ini dilakukan sebagai bentuk komunikasi langsung antara gubernur dengan 27 kabupaten/kota.


Fahmi menerangkan, rangkaian kegiatan Bubos di Sukabumi ini dilakukan sejak Sabtu pagi. Acara Bubos diisi dengan berbagai pelayanan kepada masyarakat seperti bidang kependudukan yang digelar Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), pelayanana kesehatan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes), penukaran uang oleh Bjb dan lain sebagainya.


Selain itu digelar rangkaian lomba keagamaan seperti lomba azan, dakwah cilik, dan lomba bedug. Sejumlah kegiatan ini untuk menegaskan rasa syukur bahwa Sukabumi tetap dalam kondisi aman dan damai serta kondusif begitu juga provinsi Jabar.


‘’ Karena nikmat terbesar adalah kedamaian dan kondusivitas wilayah,’’ cetus Fahmi. Sebab pemkot dan warga bisa berbagi kebahagiaan karena kondisi wilayah yang kondusif.


Fahmi juga merasa bersyukur bisa buka bersama dengan para pengendara becak dan delman serta para petugas kebersihan serta elemen warga lainnya. Hal ini menunjukkan kebersamaan karena dikumpulkan dalam satu tempat dan berbagi kebahagiaan.


Kegiatan ini juga lanjut Fahmi, menunjukkan pemerintah daerah, aparat keamanan, BUMN serta BUMD serta warganya kompak. Terutama dalam bersama-sama mewujudkan Sukabumi yang religius, nyaman, dan sejahtera (Renyah) meskipun dalam keragaman.


Plt Sekda Kota Sukabumi sekaligus Ketua Panitia Penyelenggara Bubos Saleh Makbulloh mengatakan, kegiatan Buboos diinisiasi oleh Pemprov Jabar dan pemerintah kota/kabupaten se Jabar. ‘’ Kegiatan ini untuk meningkatkan kembali rasa persaudaran, persatuan dan kesatuan sebagai umat muslim pada khususnya dan bangsa Indonesia pada pada umumnya,’’ kata dia.


Bubos di Sukabumi diisi dengan kegiatsn lomba azan, dakwah cilik dan bedug serta santunan kepada anak yatim, penarik becak dan delman. Dalam kegiatan seluruh peserta dan undangan menyantap hidangan bukber di area Taman Alun-Alun Sukabumi dengan membawa bekal makanan masing-masing untuk berbuka puasa dan sebagian disediakan panitia.

Posting Komentar

0 Komentar